Siasat Kabupaten Semarang Atasi Kekurangan PNS


By | 17.35 Leave a Comment
Semarang Kekurangan PNS

asncpns.com- Demi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah membutuhkan tambahan pegawai sebanyak 2.653 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berdasarkan analisa beban kerja (ABK) yang telah dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Semarang tahun 2015, diketahui kebutuhan PNS di daerah ini mencapai 12.494 orang. Sedangkan, jumlah PNS hingga akhir Desember 2015 lalu hanya mencapai 10.121 orang. Ditambah, tahun 2016 ada 280 PNS sudah pensiun sehingga kekurangan ini semakin bertambah. 

Supramono selaku Kepala BKD Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa hampir di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang, termasuk PNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengalami kekurangan PNS. “Bahkan kekurangan PNS ini, yang paling banyak adalah guru,” katanya di Ungaran, Kabupaten Semarang, seperti dilansir dari situs Republika, hari Rabu (06/04/2016).

Supramono menambahkan, sampai akhir Desember tahun 2015 lalu, jumlah guru PNS hanya ada 5.612 orang sedangkan kebutuhan guru PNS mencapai 6.326 orang. Sehingga, masih mengalami kekurangan guru sebanyak 714 orang. Imbuhnya, kekurangan pegawai tahun 2015 masih terus berlanjut di tahun 2016 ini dan semakin bertambah jumlah pegawai yang dibutuhkan daerahnya. Hal ini disebabkan, terhitung mulai bulan April dan Oktober 2016 akan ada PNS yang memasuki masa pensiun.

Lebih lanjut, dipaparkannya, total guru PNS yang pensiun di bulan April dan Oktober masing-masing ada 140 PNS  yang masuk masa pensiun. Kekurangan pegawai tersebut tentu sangat berpengaruh pada kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Sebab, akan banyak guru yang terpaksa harus mengajar di dua tempat sekolah.

Dengan begitu, lanjutnya, kekurangan pegawai di sejumlah SKPD Semarang hanya disiasati dengan mengoptimalkan pegawai yang ada dengan terlebih dahulu memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) dan menerima pindahan dari daerah lain. Hal ini bertujuan, agar para PNS ini bisa memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi bagiannya. Selain itu. “Hanya cara ini yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan kurangnya PNS ini,” tambahnya.

Sebelum pengumuman penerimaan CPNS dibuka, bagi anda yang ingin menjadi PNS, segera persiapkan diri sedini mungin dengan mempelajari materi CPNS terbaik yang bisa dibantu Paket LKIT tuk menguasai materi CPNS, yang telah meloloskan 3000 CPNS murni.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: