TKB Sistem CAT Mulai Digunakan Tahun 2016


By | 23.44 Leave a Comment
Tes Kompetensi Bidang CONS
asncpns.com - Setelah pelaksanaan migrasi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dari cara manual dengan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) ke Computer Assisted Test (CAT), nampaknya Tes Kompetensi Bidang (TKB) juga akan mengalami hal yang sama dengan TKD yang telah mempergunakan CAT terlebih dahulu.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/3354/M.PAN-RB/10/2015 tanggal 20 Oktober 2015 Perihal Penyusunan Naskah Soal TKB dan Surat Sekretaris Kementerian PANRB Nomor: B/517/M.PAN-RB/01/2016 tanggal 28 Januari 2016 Perihal Tindak Lanjut Penyusunan Naskah Soal TKB, pada hari Selasa (5/4/2016), Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) PNS menggelar kegiatan Koordinasi, Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Input Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang diselenggarakan di Station Computer Assisted Test (CAT) BKN, Kantor Pusat BKN.

Dalam sambutannya, Bima Haria Wibisasna selaku Kepala BKN menyatakan bahwa dalam pelaksanaan tes CPNS tahun 2014 ada intervensi pihak-pihak tertentu terutama dalam pelaksanaan tes TKB. Untuk tes TKD sendiri pada tahuan 2014 berjalan dengan fair karena pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tidak bisa melakukan apa-apa karena hasil TKB bisa langsung diketahui setelah tes selesai bahkan publik pun bisa mengetahuinya. Namun setelah rekrutmen selesai, munculah laporan-laporan dari PTUN mengenai hasil TKB, bahkan banyak pihak yang menyalahgunakan TKB demi kepentingan pribadi.


Oleh karena itulah penggunaan TKB dan TKD dengan sistem CAT bertujuan untuk  meningkatkan transparansi dalam proses rekrutmen CPNS dan menekan tindakan-tindakan yang tidak diingkan selama tes CPNS, seperti KKN dan penyalahgunaan wewenang. ”BKN selaku penyelenggaraan manajemen kepegawaian akan senantiasa berinovasi untuk mencari pola terbaik dalam rekrutmen CPNS,” pungkas Bima.


Sedangkan menurut Aris Windiyanto selaku Kepala PPSR menyatakan bahwa digunakannya tes TKB pada tahun 2016 dengan sistem CAT ini adalah hasil evaluasi dari rekrutmen CPNS tahun 2013 dan 2014. Hal ini pun didukung oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Rekrutmen CPNS dengan mengeluarkan kebijakan penggunaan CAT  BKN dalam TKB rekrutmen CPNS mulai tahun 2016

Untuk soalnya akan disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional (Jabfung). "Seperti soal TKB untuk rekrutmen Analis Kepegawaian, disusun oleh BKN karena memang BKN menjabat sebagai instansi pembina jabfung tersebut. Namun soal-soal itu harus diinput terlebih dahulu dalam aplikasi yang digunakan sistem CAT. Melalui kegiatan ini kami mensosialisasikan aplikasi tersebut, sehingga diharapkan perwakilan instansi yang bertugas menangani TKB bisa memahami aplikasi yang dimaksud,” tambah Aris

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: