Kepala BKN Usulkan Tes CPNS Bulan Agustus


By | 19.46 Leave a Comment
Tes CPNS Bulan Agustus
Tes seleksi CPNS kemungkinan akan berubah dari waktu biasanya. Jika pada tahun tahun sebelumnya tes seleksi biasa dilakukan pada bulan september oktober, kemungkinan tahun ini akan berubah. Hal ini dikarenakan agar penerbitan NIP atau Nomor Induk Pegawai bisa disamakan dengan tahun pengangkatan CPNS-nya. Sebelumnya diketahui, CPNS mengantongi NIP di tahun yang berbeda.

“Iya jadi, kalau CPNS-nya diangkat 2016, NIP-nya diterbitkan tahun 2016 juga.‎ Kalau biasanya kan NIP ditetapkan awal 2016, bila pengangkatannya 2015,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana seperti asncpns kutip dari Jawapost media

Menurutnya, perihal mengenai usulan ini belum direspon pihak Kemenpan RB setelah sebelumnya pihak BKN memberikan masukan agar NIP bisa ditetapkan di tahun yang sama. Usulan tersebut di dalamnya termasuk pelaksanaan cpns yang disarankan dilaksanakan pada bulan Agustus sehingga pihak BKN memiliki waktu cukup sekitar 4 bulan untuk bisa memproses penetapan NIP CPNS.

“Kalau rekrutmennya di akhir tahun sekitar Oktober malah susah. Yang pas itu ya Agustus. Kami sudah memberikan masukan kepada MenPAN-RB juga, agar rekrutmen dan tes dilakukan Agustus,” tandasnya.

Maju tidaknya waktu pelaksanaan cpns tahun ini tentunya harus disikapi secara baik oleh para calon pelamar, dengan mempersiapkan diri secara maksimal dan belajar sebaik baiknya. "Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ‎yang tanpa tes," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai penyerapan 32 Top Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5).

Jika mengacu pelaksanaan tes cpns berbasis CAT berdasarkan Permenpan RB No 29 Tahun 2014 maka pelaksanaan waktu pengerjaan tes cpns adalah selama 90 menit dengan jumlah soal sebanyak 100 soal.

Nilai kelulusan CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.
Sebagai rekomendasi pembelajaran CPNS terbaik silakan segera anda pelajari Paket LKIT 2016.
Apa pendapat Kemenpan RB tentang Paket LKIT silakan anda lihat di http://www.paketlkit.com/p/special.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: