Alokasi Kuota 81.000 Untuk Formasi-Formasi CPNS 2016


By | 19.48 Leave a Comment
Formasi CPNS
asncpns.com - Pada bulan Juli 2016, pemerintah melalui Kementerian Pedayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi merencanakan akan membuka pendaftaran tes seleksi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS). Sedangkan untuk pelaksanaan tes rekrutmen CPNS akan diselenggarakan pada bulan Agustus tahun 2016.

Hal ini langsung disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Biroksi (Menteri PANRB), sehingga pada bulan Oktober atau November tahun 2016 ini. "Juli biasanya pengumumannya (pendaftaran CPNS), lalu setelah Lebaran sekitar Agustus proses rekrutmen (seleksi), dan akhir tahun di Oktober atau November sudah ada penerimaan (CPNS)," ungkapnya di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Kementerian PANRB saat ini belum bisa membocorkan jumlah formasi CPNS untuk masing-masing instansi pemerintahan. Karena proses pendaftaran CPNS tahun ini akan dilakukan setelah pemerintah menghitung formasi kebutuhan CPNS dari seluruh instansi maupun bidang-bidang pekerjaan. Menurut Yuddy, yang sudah fix hitungan formasi CPNS 2016 barulah untuk tenaga kesehatan.

"Kalau sudah dihitung formasi yang benar-benar dibutuhkan, seperti ahli pengairan, tata kota, ahli hukum, ahli otonomi daerah, dan lainnya di masing-masing instansi, baru dilakukan proses rekrutmen. Yang sudah fix adalah untuk tenaga kesehatan," jelas Yuddy.
http://paketlkit.com

Sebelumnya diberitakan bahwa Menteri PANRB menerima sekitar 150 ribu formasi yang diajukan oleh Kementerian/Lembaga instansi pemerintah. Namun dengan berbagai pertimbangan, Kementerian Keuangan hanya menyanggupi 81 ribu orang untuk penerimaan CPNS tahun 2016 ini.  "PNS yang pensiun tahun ini total 120 ribu orang. Kemudian kebutuhan dari seluruh instansi mencapai 150 ribu orang. Tapi maksimum yang disetujui Kemenkeu untuk penerimaan PNS 81 ribu orang, jadi tidak dipenuhi semua karena alasan moratorium, keterbatasan anggaran, dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita," ujar dia.

Menurut perhitungan sementara 81 ribu formasi tersebut dialokasikan untuk beberapa formasi:
  • 11 Ribu untuk putra-putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah.
  • 43 Ribu untuk tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dll
  • 3 Ribu orang untuk CPNS guru yang menyandang gelar Sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan).
  • 2 Ribu pengangkatan guru honorer menjadi PNS di garis depan sekitar 2.000 orang. 
  • 22 Ribu untuk di bagi-bagi ke instansi atau pada bidang yang membutuhkan.
Menteri PANRB mengaku beberapa menteri telah meminta formasi CPNS 2016, diantaranya Menteri Pertanian yang meminta 18 ribu juga Kemenkumham yang meminta 21 ribu personel. Namun, Yuddy mengaku belum bisa mengakomodir seluruhnya, hanya separuh dulu. 22 ribu formasi yang akan dibagikan ini diproritaskan untuk mendukung program Nawa Cita, diantaranya ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan lainnya.

"Untuk pelamar umum, kita akan buka perekrutan CPNS sekitar 10 ribu orang, termasuk di dalamnya untuk penerimaan mahasiswa berprestasi yang mendapat jatah 10 persen dari kuota pelamar umum," jelas Yuddy.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: