Pemprov Kalimantan Utara Terapkan TKB pada seleksi CPNS 2016


By | 20.46 Leave a Comment
0
asncpns.com - Seperti diberitakan bahwa tahun ini pemerintah akan melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil pada bulan agustus 2016 nanti. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berencana ikut bagian dalam penerimaan seleksi CPNS tahun ini.

Muhammad Ishak selaku Kepala Biro Kepegawaian dan Diklat Provinsi Kaltara menyatakan bahwa dalam tes CPNS yang digelar nanti, pihaknya tidak hanya akan mengandalkan kepada hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) saja, tapi pihaknya juga akan menerapkan tes kompetensi bidang (TKB)

Pada seleksi tahun 2014 lalu, pihaknya tida mengadakan tes kompetensi bidang, mengingat efesiensi waktu menjadi alasannya.  "Dalam seleksi tahun ini atau tahun depan, akan diterapkan tes TKB. Supaya lebih fokus pelamar dan jurusannya atau formasi yang mereka lamar," ungkap Ishak, pada hari Selasa (7/6/2016).

Ishak juga menjelaskan tujuan kenapa akan menggelar tes kompetensi bidang pada seleksi CPNS nanti, yaitu  tes kompetensi bidang diyakini bisa memberi andil penentuan kualitas CPNS yang diterima. Tes kompetensi Bidang ini juga menitikberatkan penilaian kemampuan bisa tidaknya peserta mengemban tugas sebagai PNS nantinya.

Nantinya, peserta yang diperbolehkan ikut tes TKB harus memenuhi passing grade tes TKD yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Ada pun syarat mengikuti TKB ialah mesti memenuhi passing grade (ambang batas) penilaian tes TKD yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Selanjutnya, jumlah minimal peserta lulus TKD untuk mengikuti TKB minimal tiga kali formasi dari peserta yang memenuhi passing grade TKD. Serta, jika jumlah peserta yang memenuhi passing grade TKD lebih sedikit dari jumlah formasi, maka tidak harus dilakukan TKB.

Seperti kita ketahui bahwa Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan pengecualian terkait dengan kebutuhan penerimaan pegawainya. Dr H Irianto Lambrie selaku Gubernur Kalimantan Utara menyatakan bahwa, Menpan akan membantu Pemprov untuk menjadikan Kaltara sebagai daerah percontohan reformasi birokrasi. “Menpan-RB mendukung dan setuju untuk memberikan pengecualian terhadap penerimaan Pegawai di Kaltara,” ungkapnya setelah bertemu dengan Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Senin (9/5) sore.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: