Video of the Day

Jumat, 16 September 2016

Lulusan Terbaik Jarang Mempunyai Keinginan Untuk Jadi ASN

asncpns.com - Saat menjadi pembicara dalam Dialog Kejayaan Bangsa pada Temu Alumni dan Kongres V DPP IKA Universitas Andalas, Padang, Rabu (14/9/2016), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan bahwa ASN sebagai mesin birokrasi sebuah negara sangat menentukan kualitas kemajuan negara tersebut.

Mesin birokrasi ini diharapkan memiliki keahlian untuk menjalankan roda birokrasi. Semakin banyak ASN yang memiliki keahlian maka akan semakin cepat kemajuan suatu bangsa. Tetapi sebaliknya, tanpa adanya kinerja ASN maka negara tersebut tidak dapat maju.

Salah satu untuk mewujudkan dengan memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi untuk menjadi ASN. "Jika ASN maju, maka negara kuat. Dengan memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi negeri dapat mencetak ASN yang profesional, dan kedepan saya yakin negara ini bisa maju," imbuhnya.

Namun meskipun demikian, menuru Asnel selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang, Sumatera Barat, para lulusan terbaik hanya sedikit yang berminat untuk menjadi ASN. "Mahasiswa lulusan terbaik biasanya lebih memilih menjadi wirausaha atau bekerja di perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan besar lainnya," ungkapnya.

Dari segi penghasilan memang perusahaan BUMN lebih menjanjikan daripada menjadi ASN, sehingga mereka lebih memilih untuk menjadi pegawai BUMN maupun perusahaan swasta. "Apalagi lulusan terbaik tersebut memiliki pemikiran yang kompeten serta ditambah dengan modal yang besar maka dirinya lebih memilih membuka usahanya sendiri," ujarnya.

Asnel mengaku sangat mendukung program yang digagas oleh Menteri PANRB yang lebih mengutamakan lulusan terbaik sehingga hal ini bisa mendorong para mahasiswa untuk belajar lebih giat agar bisa menjadi ASN. Selain itu, hal tersebut dapat memicu keinginan anak lulusan terbaik untuk menjadi ASN karena perjuangannya selama bertahun-tahun dihargai.


Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



1 komentar:

  1. Insya Allah saya berkeinginan menjadi ASN yg profesional, andal dan kompeten,

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)