Pengumuman Pengangkatan CPNS


By | 04.01 Leave a Comment
Pengumuman pengangkatan CPNS atau kelulusan CPNS masih belum bisa diumumkan karena masih membutuhkan proses verifikasi data. Verifikasi ini harus dilakukan secara teliti untuk mengurangi tingkat kecurangan yang sering terjadi pada tiap tahunnya. Kementerian yang paling banyak dipenuhi oleh peserta adalah Kementerian Agama.

Proses verifikasi ini juga akan memberikan hasil pemilihan yaitu pelamar yang berkualitas. Karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas mampu bersaing untuk meningkatkan pemerintahan yang baik di kancah Internasional. Peningkatan SDm juga sangat penting mengingat akan diadakannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digelar pada tahun 2015.


Liberalisasi dikawasan 2015 itu dinilai pemerintah harus disikapi pula oleh aspek kualitas sumber daya manusia di lembaga Negara. Panitia Seleksi Nasional terus mengumumkan kelulusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur tenaga Honorer K2 (Kategori 2). Instansi tersebut terdiri dari 29 Kementeriaan/Lembaga, 32 provinsi dan 439 Pemerintahan Kabupaten/Kota.

Pengumuman Pengangkatan  CPNS

Adapun jumlah Honorer K2 yang lulus jadi CPNS sebanyak 164 482 orang. Jika dikalkulasikan masih ada 8 Kementerian/Lembaga dan 2 provinsi beserta Kabupaten/Kota yang belum dirilis hasil kelulusannya. Dua Provinsi tersebut adalah Papua dan Papua Barat.

Kelulusan yang belum diumumkan tidak hanya di pemerintahan daerah saja, termasuk di tingkat pusat, terdapat delapan Kementeriaan/Lembaga yang hasil kelulusannya belum di rilis diantaranya : Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementeriaan Agama, Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Pertahanan Nasional, Kepolisian Negara dan Sekertariat Jenderal (Setjen) Mahkamah Agung.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PAN- RB Herman Suryatman mengatakan pemerintah perlu melakukan Affirmasi (yaitu pernyataan/pengakuan yang sungguh-sungguh) dengan teliti agar hasil kelulusan yang diumumkan tidak merugikan para peserta tes. Pak Herman juga mengimbau kepada masyarakat agarmelakukan konfirmasi kepada pihak yang berwenang apabila ada kesimpangsiuran informasi.

Selanjutnya kepada para peserta seleksi CPNS dari Honorer K2 yang dinyatakan lulus supaya khusus untuk mengikuti verifikasi yang dilaksanakan oleh masing-masing daerah. Verifikasi merupakan tahap yang paling penting untuk menghasilkan pegawai CPNS yang berkualitas dan bisa mengemban tugas serta tanggung jawab yang diberikan.

Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan sejumlah ketentuan pengangkatan tenaga Honorer K2 menjadi CPNS. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno telah mengirimkan surat kepada semua pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), Pusat, PPK Provinsi dan PPK Kabupaten/kota terkait hal tersebut.

Dalam penerimaan CPNS 2014, jabatan fungsional akan menjadi prioritas dalam penerimaan PNS, jabatan-jabatan dibawah ini adalah merupakan yang terbatas di setiap kementerian, selain dari jumlah pegawai, juga jabatan-jabatan ini berbeda dengan jabatan yang lainnya.

Jabatan ini sebenarnya ada yang dibuka dalam penerimaan CPNS tahun 2013, akan tetapi dari hasil seleksi banyak sekali pelamar yang tidak bisa mencapai passing grade untuk jabatan-jabatan ini, sehingga apabila tidak mencapai hasil yang maksimal maka untuk jabatan ini akan di kosongkan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: