Pendaftaran CPNS Setelah Pilpres


By | 18.41 Leave a Comment
Pembukaan Pendaftaran CPNS akan dibuka setelah pilpres' demikian ungkapan dari Eko Sutrisno selakuk Kepala BKN. Hal ini merupakan kabar yang baik dan bahagia, bagi anda yang menginginkan jadi Pegawai Negari Sipil atau PNS. Karena pada tahun 2014 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa akan melaksanakan perekrutan PNS akan dilakukan lebih cepat dari tahun yang sebelumnya

Pendaftaran CPNS 2014

Perekrutan CPNS dilaksanakan setelah pemilu presiden, berarti setelah tanggal 9 Juli 2014, karena Pemilu Pilpres dilaksanakan pada tanggal tersebut. Selain itu, yang direkrut menggunakan istilah Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyebut CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, untuk honorer.

Ditahun ini pemerintah berencana akan merekrut sebanyak 100.000 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan rincian 65.000 orang untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35.000 orang Untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Aparatur Sipil Negara 2014, perekrutan sebanyak 100.000 orang untuk formasi pusat, dan formasi daerah. Namun demikian, menurut Ketua Badan Kepegawaian Eko Sutrisno bahwa pihaknya belum menerima usulan informasi dari lembaga pemerintah pusat, maupun dari pemerintah daerah. Dikarenakan kondisi lembaga pemerintah masih disibukkan dengan perlengkapan dokumen perekrutan CPNS 2013 tahun lalu.

Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah masih menyelesaikan perekrutan kemarin. Perekrutan aparatur negara tahun 2014 akan difokuskan pada tenaga khusus dan pelayanan seperti guru. Formasi tenaga khusus pelayanan dasar seperti guru, ahli profesi kesehatan dan ahli pertanian dan formasi jabatan prioritas.

Saat ini pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilakukan secara online. Biasanya masing-masing kementerian memiliki situs yang bisa diakses untuk pendaftaran tersebut. Untuk persyaratannya bisa dicek langsung ke situs kementerian yang dituju atau bisa mengakses asncpns.com untuk seluruh informasi cpns resmi kementerian.

Persyaratan untuk pendaftarannya cukup banyak, diantaranya melengkapi poto copy, ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir, transkip nilai, juga membuat surat keterangan catatan kepolisian hingga potokopi tanda pencari kerja (kartu kuning kemnakertrans) yang masih berlaku.

Untuk mengetahui apakah lolos seleksi pertama atau tidak (seleksi administrasi) maka panitia akan mengumumkan secara online. Setelah lolos nanti akan dikasih nomor dan kartu ujian. Setelah lulus dari ujian kompetensi maka akan di tes wawancara kemudian di tes kesehatan. Setelah semua seleksi dinyatakan lulus CPNS akan diminta mengikuti diklat pra jabatan selama satu bulan. Setelah lulus dari ujian tersebut baru akan mendapatkan surat keputusan diangkat menjadi PNS 100%.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: