Peminat CPNS di Daerah Masih Sepi


By | 23.23 Leave a Comment
Peminat Calon Pegawai Negeri Sipil dari masing-masing dearah masih terbilang sepi, padahal persiapan penyelenggraan rekrutmen CPNS baru tahun anggaran 2014 ini sudah mulai berjalan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumpulkan usulan kuota CPNS baru dari masing-masing instansi pusat maupun daerah.

Eko Sutrisno selaku Kepala BKN mengungkapkan pintu awal dari usulan kouta CPNS baik dari instansi pusat maupun daerah, selain itu usulan kuota CPNS baru di tahun ini sudah mulai dilakukan sejak beberapa minggu yang lalu. Eko juga menambahkan bahwa panduan teknis untuk usulan CPNS baru dalam anggaran tahun 2014 sudah dipersiapkan oleh BKN. Baik dalam instansi kementerian, lembaga non kementerian, provinsi, kabupaten dan kota.

Peminat CPNS Daerah

Sampai saat ini, usulan CPNS baru untuk instansi pusat sudah hampir memenuhi persyaratan yang telah di tentukan. Sedangkan untuk usulan CPNS baru pada instansi daerah masih terbilang setengahnya dari ketentuan yang dibutuhkan. Badan Kepegawaian Negara berharap masing-masing instansi daerah yang berada di seluruh wilayah Indonesia segera untuk mengajukan usulan CPNS, jika memang masing-masing instansi daerah tersebut membutuhkan suntikan pegawai baru.

Dengan demikian BKN masih menganalisis usulan kouta CPNS baru baik dari instansi pusat maupun daerah, diantara analisis tersebut masih dalam pembuktian serta kelayakan angka kuota CPNS baru yang telah diusulkan. Akan tetapi kebanyakannya usulan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil baru yang akan diajukan melebihi batas yang telah di tentukan. Setelah itu dari pihak BKN mulai saat ini akan lebih ketat untuk mengabulkan jumlah kuota CPNS baru, Kepala BKN mengatakan seluruh tim analisis akan melihat kebutuhan CPNS berdasarkan analisis jabatan, analisis beban kerja, dan kebutuhan pegawai dalam beberapa tahun ke depan. Semua persyaratan analisis tersebut harus telah diserahkan oleh masing-masing instansi sebelum mengusulkan kouta CPNS yang baru.


Ciri-ciri dari usulan CPNS baru tersebut akan ditempatkan untuk tenaga pendidik serta tenaga kesehatan seperti, dokter umum dan perawat masih cukup besar. Selain formasi tersebut ada juga untuk pegawai tekinis serta tenaga administrasi. Setelah proses anilisis selesai di BKN, usulan CPNS baru akan secepatnya di sampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dan yang berhak menentukan usulan CPNS baru adalah Azwar Abu Bakar selaku menteri PAN-RB.

Setelah kuota di tentukan oleh ketetapan Kemenpan-RB, tahap selanjutnya akan menjadi formasi sesuai bidang pekerjaan masing-masing instansi. Kepala BKN juga mengatakan sesuai dengan kekuatan anggaran dana dalam APBN tahun 2014, maka kuota nasional CPNS baru akan disiapkan sekitar seratus ribu orang. Jumlah tersebut lumayan lebih besar dibandingkan dengan kouta CPNS baru dari pelamar umum tahun yang lalu. Untuk kalangan tenaga honorer yang tidak lulus pengangkatan CPNS di tahun lau, berkesempatan untuk mendaftar kembali pada pendaftaran CPNS tahun 2014 ini, akan tetapi dengan status yang sama seperti pelamar umum lainnya.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: