Pemkot Kupang Belum Mengusulkan Formasi CPNS 2014


By | 22.46 1 comment
Pemerintah Kota Kupang belum mengusulkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Hal ini telah di tegaskan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Kupang bahwa pihaknya hingga sampai saat ini belum mengusulkan formasi CPNS tahun 2014 kepada Kementerian PAN-RB.

Pemkot Kupang

Sementara di tahun 2014 ini, pemerintah pusat sudah membuka penerimaan pegawai dengan kesempatan jumlah kursi yang besar yakni enam pulu ribu untuk CPNS dan empat puluh ribu untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Pada setiap masing-masing Pemerintah Daerah pun bisa untuk mengusulkan formasi tersebut termasuk untuk PPPK. Karena PPPK sangat berbeda dengan PNS termasuk untuk masa kerja serta persyaratan untuk bisa menempati jabatan PPPK tersebut. Para pelamar yang ingin mengajukan untuk bisa menjadi PPPK tidak akan terbatas umur berbeda dengan PNS. Namun tergantung instansi pemerintah apakah memang membutuhkan PPPK atau tidak.

Sampai saat ini BKD Kota Kupang masih fokus terhadap penyelesaian pemilihan dokumen honorer untuk kategori dua (K2) yang telah lulus seleksi CPNS, setelah selesai proses tersebut akan dilanjutkan kepada proses pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) nya. Kepala BKD daerah tersebut juga menambahkan penjelasannya yang menerangkan, andaikan sudah beres persoalan honorer kalangan kategori dua, nanti bisa dilihat akan mengusulkan atau tidaknya penerimaan CPNS 2014 yang tembus pada Kemenpan-RB.


Sementara pihaknya mengatakan bahwa belum ada pemberitahuan resmi dari Kemenpan-RB terkait informasi resmi tentang penerimaan CPNS di tahun 2104 ini. Badan Kepegawaian Daerah Kota Kupang baru mengetahui kabar informasi tersebut dari sebuah media masa yang belum pasti tingkat kebenarannya. Jadi Pemkot Kupang berharap supaya Kemenpan-RB lah yang memberikan informasi tersebut, dengan demikian BKD tidak akan merasa ragu lagi untuk menyebarkan informasi tersebut kepada kandidat yang berminat menjadi CPNS di tahun 2014 ini.

Setelah informasi tersebut terbukti kebenarannya, maka diharapkan bagi calon pelamar CPNS pada tahun ini untuk melakukan persiapan dengan sematang-matangnya. Hal ini bertujuan guna mempersiapkan sistem ujian yang cukup rumit yakni dengan menggunkan sistem CAT (Computer Assisted Test). Penerimaan pada tahun 2013 yang lalu terbilang sukses, maka lakukanlah persiapan yang maksimal guna mempertahankan kesuksesan penerimaan CPNS pada tahun ini dengan cara yang murni serta transparan, dimana sepenuhnya akan ditangani oleh pemerintahan pusat yang bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi yang telah ditentukan.

Seleksi menggunakan CAT bisa menjaring pelamar yang memiliki kemampuan seimbang dengan jabatan yang akan diterapkan serta sesuai dengan tanggung jawab dan tugas yang akan diberikan. Memang saat ini banyak pemerintah daerah yang memutuskan untuk menyelesaikan masalah honorer kategori 2 dan tidak mengusulkan formasi untuk CPNS 2014.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: