Penerimaan CPNS Akhir Juni, Ujian CAT Dilaksanakan di 400 Titik


By | 20.11 Leave a Comment
Sudah saatnya sekarang terfokus untuk belajar karena pendaftaran CPNS akan dilaksanakan mulai akhir Juni. Pertengahan Juni mendatang pemerintah akan menggelar Job Fair CPNS selama 2 hari, akan tetapi pendaftaran sebenarnya akan dilakukan pada akhir juni mendatang dan dilakukan secara online.

Pengadaan CPNS tahun ini pemerintah pusat mewajibkan semua instansi pemerintah baik pusat ataupun daerah untuk menggunakan Sistem CAT CPNS, yang mana jika menolak menggunakan sistem CAT tersebut maka instansi yang bersangkutan tidak akan mendapatkan formasi yang dibutuhkan dari pihak Kemenpan RB.

Pendaftaran CPNS akan dilaksanakan secara online di website pendaftaran CPNS Online yang telah ditentukan. Khusus untuk pelamar yang tinggal di daerah terpencil, atau dalam hal ini daerah yang masih sulit terjangkau Internet - maka pelamar dipersilakan untuk memberikan lamaran menggunakan berkas kepada BKD setempat, dan selanjutnya pihak Badan Kepegawaian Daerah yang akan meneruskan lamaran pelamar ke website yang telah ditentukan.

Ujian Seleksi CPNS tahun ini akan dilaksanakan di sekitar 400 tempat yang mana keempat ratus tempat tersebut adalah merupakan fasilitas yang dimiliki BKN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Model CAT CPNS BKN
BKN sampai dengan berita ini diturunkan sudah memiliki tempat ujian pelaksanaan CAT CPNS di 12 kantor regional BKN, dan berikut adalah data data Kantor regional BKN tempat pelaksanaan ujian CAT CPNS.

Tempat Pelaksanaan Ujian CAT CPNS BKN

BKN Regional I - Yogyakarta
Alamat:
BKN Kanreg I - Yogyakarta
Jl. Magelang Km. 75
Yogyakarta - 55285

BKN Regional II - Surabaya
Alamat:
Jl. Letjen S. Parman No.6
Waru - Sidoarjo Jawa Timur 61256
Indonesia

BKN Regional III - Bandung
Alamat:
Jl. Surapati No. 10 Bandung 40124

BKN Regional IV - Makasar
Alamat:
Jl. Pacerakang No. 3 Daya
Kec. Bringkanaya Makasar
Indonesia

BKN Regional V - Jakarta
Alamat:
Jl. Raya Ciracas No. 36 Ciracas
Jakarta Timur 13730
Indonesia

BKN Regional VI - Medan
Alamat:
Jl. Tb. Simatupang No. 124
Pinang Baris Medan - 20128
Indonesia

BKN Regional VII - Palembang
Alamat:
Jl. Gubernur H.A. Bastari, Seberang Ulu I
Jakabaring Palembang - 30252
Indonesia

BKN Regional VIII - Banjarmasin
Alamat:
Jl. Bhayangkara No. 1, Sungai Besar
Banjar Baru Kalimantan Selatan - 70714
Indonesia

BKN Regional IX - Jayapura
Alamat:
Jl. Baru No. 100/B Kota Raja
Jayapura - 99225
Indonesia

BKN Regional X - Denpasar
Alamat:
Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai No. 646 Suwung - Denpasar

BKN Regional XI - Manado
Alamat:
Jl. AA Maramis Km. 8 Paniki Bawah, Mapanget
Manado Sulawesi Utara - 95256
Indonesia

BKN Regional XII - Pekanbaru
Alamat:
Jl. Hang Tuah Ujung No.148
Pekanbaru - Riau 28281
Indonesia

Sedangkan pihak Kemendikbud memiliki ratusan tempat untuk seleksi CAT CPNS ini, hal tersebut dikarenakan pihak Kemendikbud telah menyediakan infrastruktur yang digunakan untuk tes sertifikasi guru.

Jaringan infrastruktur yang dimiliki Kemendikbud lebih lengkap dari BKN, oleh karena itu kerjasama yang dibangun kedua instansiu tersbut diharapkan dapat melayani kebutuhan akan CAT CPNS yang tersebar di seluruh daerah.

Sampai saat ini belum ada kepastian tentang ujian menggunakan sistem LJK, akan tetapi jikalau pihak Kemenpan RB benar benar mengarahkan kepada sistem CAT, maka kemungkinan besar tahun ini penerimaan CPNS sudah tidak ada lagi menggunakan sistem LJK.

Rekrutmen CPNS tahun ini selain menekankan pada nilai passing grade - setiap pelamar juga diharapkan untuk memiliki hati yang melayani kepada masyarakat, karena tugas seorang Aparatu Sipil Negara adalah melayani masyarakat. Sifat melayani ini harus sudah tertanamkan semenjak seorang pelamar mengirimkan berkas lamaran.

Pelaksanaan ujian jika memang digelar menggunakan sistem CAT secara keseluruhan, maka dapat dipastikan ujian CPNS tahun 2014 tidak akan serentak, karena setiap daerah harus bergantian mengghunakan sistem CAT yang ada saat ini - sedangkan ruangan sistem CAT sendiri tidak bisa menampung secara keseluruhan pelamar secara bersamaan, karena keterbatasan infrastruktur.

Walaupun demikian, kecurangan demi kecurangan akan bisa dikurangi dengan penggunaan sistem ini, selain memang menekan dari segi anggaran biaya. Sistem CAT tidak membutuhkan biaya pencetakan soal layaknya sistem LJK, tetapi soal yang diberikan langsung bisa dilihat di hadapan monitor - yang paling terpenting adalah setiap peserta tes ujian CPNS memahami soal yang diberikan.

Penerimaan CPNS tahun ini adalah merupakan tonggak sejarah baru penerapan reformasi sistem penerimaan CPNS. Khusus karakter soal yang diberikan dalam soal TKD CPNS, selain menekankan pada pemahaman pengetahuan kebangsaan dan Intelegensia, peserta test juga harus bisa menyelesaikan ke sebelas bentuk tes karakteristik pribadi, yang terdiri dari semangat berprestasi, integritas diri, adaptasi, oriaentasi kepada orang lain dan bentuk bentuk karakteristik pribadi lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel sebelumnya memahami tes karakteristik pribadi dalam ujian CPNS.

Untuk Soal TKB CPNS, para peserta tes akan diberiukan soal berbasis kompetensi bidang dari Kementerian / Lembaga Negara yang bersangkutan. Tes ini diberikan setelah peserta tes TKD. Sebagai bahan pembelajaran terbaik Tes TKD dan tes TKB sesuai juklak Juknis resmi silakan pelajari Paket LKIT. Sebagai informasi tambahan, bahan resmi tersebut telah meluluskan lebih dari 2000 CPNS di seluruh Indonesia secara murni.

Formasi penerimaan CPNS tahun 2014 adalah didominasi oleh formasi lulusan S1 dan D3, akan tetapi jika anda lulusan SMA anda jangan khawatir - karena lulusan anda masih juga dibutuhkan dalam rekrutmen cpns tahun ini, kabar ini bisa anda baca dalam Formasi CPNS SMA masih tersedia dan Sarjana Mendominasi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: