Pentingnya UPT CAT CPNS


By | 07.58 Leave a Comment
Unit Pelayanan Teknis (UPT) sangat penting bagi pemerintah yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yakni untuk melaksanakan tes kepada setiap Calon Pegawai Negeri Sipil. Tanpa bantuan UPT yang menangani pelaksanaan tes CPNS tersebut, maka dinilai akan kurang maksimal dalam menuai hasilnya.

Sistem CAT ini harus di tanggapi dengan sikap yang serius, kerena hal tersebut bertujuan untuk menerapkan sifat profesionalisme dengan adanya bantuan dari Unit Pelayanan Teknis. Hal ini sesuai dengan penjelasan Kepala Biro Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN).

UPT CAT CPNS

UPT ini telah diajukan langsung oleh BKN kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, hal ini bertujuan untuk menanggapi persiapan penanganan sistem formasi penerimaan pegawai CPNS yang menggunakan sistem CAT tersebut. Usulan ini telah disesuaikan dengan Undang-undang Aparatur Sipil Nomor 5 Tahun 2014 yang mempunyai kandungan sebagai pelaksanaan dalam manajemen Aparatur Sipil Negara. Selain itu, UPT tidak akan bertanggung jawab kepada masing-masing kantor regional walaupun secara administrasi masih melekat, namun kedeputianlah yang mendekati bidang tersebut.

Dari pihak Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana mengatakan, pembentukan UPT harus dipersiapkan dari bentuk anggarannya, baik dalam hal sarana prasarana, penggajian setiap pegawai serta biaya operasionalnya. Sementara itu sumber daya juga akan dipersiapkan setelah hasil pembicaraan nanti yang juga bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. (Dikutip dari JPNN)

Rencana pelaksanaan seleksi pada UPT baru yang telah diusulkan tidak hanya berlaku untuk pegawai baru saja, melainkan setiap pelaksanaan pengisian jabatan harus difasilitasi dengan sistem CAT, serta unit kerja yang berpusat untuk melaksanakan tujuan penilaian setiap kompetensi. Masing-masing insan yang tergabung dalam luang lingkup Badan Koordinasi kehumasan pemerintah diminta untuk memiliki pemikiran yang sama sesuai reformasi birokrasi. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat baru yang menjelaskan bahwa tidak ada pilihan lain terkecuali dengan melakukan cara reformasi birokrasi tersebut. Oleh sebab itu hal ini sangat berpengaruh karena menyangkut nasib bangsa Indonesia untuk masa depannya.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan hal yang diburu banyak masyarakat, karena mereka berpikiran bahwa menjadi seorang pegawai di instansi pemerintahan itu sangat mudah dan ringan. Akan tetapi kenyataannya untuk menjadi seorang CPNS itu harus melakukan jalan usaha yang sangat luar biasa susahnya, baik dengan pengorbanan pengabdian yang bertahun-tahun lamanya maupun dengan mengikuti tahap seleksi ujian. Banyak para Honorer maupun guru bantu yang meronta-ronta ingin mengikuti tes CPNS baik dalam pemerintahan daerah maupun pusat. Oleh karena itu pemerintah mengambil kesimpulan bahwa setiap pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT akan bekerja sama juga dengan Unit Pelayan Teknis, hal ini bertujuan demi mendapatkan Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas bagi negara maupun bangsa Indonesia ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: