Seleksi CPNS 2014 Hilangkan Sistem LJK


By | 23.48 Leave a Comment
Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 akan terus diperbaiki dalam prosedur perkerutannya, hal ini mempunyai tujuan untuk menghilangkan sisitem pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada saat pelaksanaan tes calon CPNS tersebut. Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Herman Suryatman mengungkapkan akan membenarkan rencana penghapusan sistem LJK dan diganti dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang berbasis online.

Hilangkan Sistem LJK

Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik Kemenpan-RB menambahkan ungkapannya, dengan diadakan sistem CAT akan banyak keunggulannya. Keunggulan yang pertama adalah mencegah kecurangan dalam bentuk peredaran kunci jawaban soal, dengan menggunakan sistem CAT ini akan dihadapkan dengan soal ujian yang telah tersimpan di server secara teracak, soal-soal tersebut baru bisa dilihat ketika peserta sudah berada di ruang ujian.

Melalui sistem Computer Assisted Test ini, seleksi CPNS baru tidak akan terikat dengan waktu yang harus serentak. Seleksi CPNS melaui sistem CAT bisa dilaksanakan dalam beberapa saat, hal tersebut telah di sesuaikan dengan jumlah pelamar dan unit computer yang telah disediakan. Hal yang lebih menariknya lagi tes CPNS melalui sistem CAT bisa dilaksanakan setiap hari. Hasil ujiannya akan disimpan oleh panitia, sehingga jika menemukan kebutuhan CPNS baru maka segala bentuk persiapannya sudah siaga.

Menurut Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik, Kemenpan-RB mengharuskan untuk menggunakan sistem CAT, namun tanggapan di lapangan cukup beragam, seperti laporan kabupaten yang belum siap jika dipaksa harus melaksanakan ujian dengan sistem CAT. Setiap kabupaten yang belum siap menggunakan sistem tersebut, pihaknya akan memberi penjelasan serta pengarahan pada masing-masing kabupaten yang beluk siap mengikuti kebijakan tersebut.

Pemberian pengarahan serta penjelasan tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah kabupaten tersebut benar-benar tidak memilki fasilitas komputer untuk menggelar tes CPNS melalui sistem CAT. Penolakan ujian juga bisa jadi untuk menolak ujian dengan sistem CAT dan berniat melakukan kecurangan. Sementara untuk instansi tingkat provinsi pusat sudah siap untuk melaksanakan ujian dengan sistem CAT. Herman menegaskan melalui sistem CAT ini peserta ujian akan langsung mengetahui apakah skor mereka bisa mencapai passing grade ujian ataukah tidak

Setiap pelamar yang lolos mencapai passing grade belum tentu lulus menjadi CPNS, karena bisa saja pelamar yang nilainya di atas passing grade lebih banyak bila dibandingkan dengan kouta yang telah tersedia. Keputusan CPNS baru tahun 2014 ini akan ditetapkan bulan Juni hingga Juli mendatang. Saat ini masing-masing Instansi Pusat maupun Daerah telah mengusulkan kuota CPNS baru. Kouta tersebut secara Nasional diperkirakan akan dibuka sekitar 100 ribu formasi. Untuk menghadapi tes tersebut alangkah baiknya seorang pelamar mempersiapkan mental yang kuat serta memepelajari materi ujian PAKET LKIT 2014 dengan matang, hal tersebut akan membantu pelamar mencapai kesuksesannya dalam berkarir sebagai abdi negara.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: