Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Kamis, 19 Juni 2014

Pemda Tak Dapat Alokasi CPNS Baru


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi telah resmi menutup permohonan Calon Pegawai Negeri Sipil baru. Sebanyak seratus empat puluh satu pemerintah daerah dari jenjang provinsi, kabupaten, dan kota telah ditetapkan tidak akan mendapatkan CPNS baru. Rincian 141 instansi pemda yang tidak mendapatkan alokasi CPNS baru itu akan tersebar diseluruh wilayah Indonesia, yang seluruhnya terdiri dari enam instansi provinsi, seratus enam instansi kabupaten, dan dua puluh sembilan pada instansi kota.

Pemda Tak Dapat Alokasi CPNS Baru

Kepala Biro Hukum Informasi dan Komunikasi Publik Kemenpan-RB, Herman Suryatman mengungkapkan kepada seratus empat puluh satu instansi pemda itu tidak mengusulkan kouta CPNS baru pada tahun 2014 hingga masa permohonan ditutup. Beliau mengungkapkan instansi pusat maupun daerah yang tidak mengajukan kuota CPNS baru, saat ini masih dalam tahap penelitian dari Kemenpan-RB.

Herman Suryatman menambahkan hasil analisis tersebut mampu menimbulkan permohonan CPNS baru dari instansi yang telah mengusulkan. Meskipun permohonan tersebut akan dikabulkan, jumlah koutanya juga belum tentu sama dengan kuota yang diinginkan. Beliau berharap pada akhir bulan ini, penelitian Kemenpan-RB telah rampung. Dengan demikian bisa diketahui dengan pasti, instansi mana saja yang akan menyelenggarakan tes CPNS komplit dengan kuota serta formasinya. Beliau menjelaskan tidak ada alasan resmi yang masuk kepada Kemenpan-RB. Lebih dari seratus instansi pemda tidak mengusulkan permohonan kuota CPNS baru. Herman menegaskan perkiraan sementara instansi tersebut tidak mengusulkan kuota CPNS baru karena bahan-bahan aparaturnya masih terbilang cukup.


Masing-masing instansi tidak bisa menyebutkan membutuhkan CPNS baru padahal hasilnya telah mencukupi. Oleh karena itu Kemenpan-RB meminta kepada instansi untuk melampirkan hasil penelitian beban kerja serta kebutuhan pegawai pada saat meminta jatah kuota CPNS baru. Untuk masyarakat yang tidak menyelenggarakan tes CPNS, jalan terbaik untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah melamar di instansi pusat, sementara untuk melamar di instansi pemda diluar domisili masih diatur dalam regulasinya.

Telah diketahui pada tes CPNS tahun ini akan membuka lowongan enam puluh lima ribu kursi, dengan rincian dua puluh lima ribu kursi untuk instansi pusat dan empat puluh ribu untuk instansi daerah. Selain itu lowongan dari tiga puluh lima ribu kursi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), rinciannya sepuluh ribu lowongan pegawai kontrak untuk instansi pusat dan dua puluh lima ribu lowongan pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi yang tidak meminta kuota CPNS 2014 diantaranya Pemprov Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.



Ahmad Maulana

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)