Hemat Anggaran, Kinerja Lebih Meningkat


By | 06.40 Leave a Comment
asncpns.com - Menghemat anggaran yang dimiliki oleh setiap lembaga dan kementerian adalah satu langkah yang perlu dilaksanakan, namun tetap tidak menurunkan kinerja dari masing-masing anggota yang berada di lembaga atau kementerian tersebut. Kementerian/Lembaga (K/L) sebenarnya memiliki kemampuan untuk menghemat anggaran yang dimiliki sampai 3 atau 5%. Meskipun demikian, perbaikan kinerja yang telah dilakukan tetap akan diberikan apresiasi oleh pemerintah.

Hemat Anggaran, Kinerja Lebih Meningkat

Reformasi Birokrasi saat ini merupakan salah satu agenda pemerintah yang sangat gencar dilaksanakan, semuanya diterapkan di tingkat pemerintahan baik pusat maupun daerah termasuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam perkembangannya, reformasi birokrasi bukan hanya sekedar untaian rencana tanpa ada tindakan perubahan dari setiap pihak yang terkait. Reformasi sebelum bisa menjalar kepada pihak eksternal harus terlebih dahulu ditanamkan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam berpartisipasi pada kegiatan reformasi birokrasi. Dalam rangka memberikan pemahaman mengenai reformasi birokrasi ini, Kementerian ESDM mengadakan acara Internalisasi Reformasi Birokrasi yang dihadiri oleh pejabat eselon I, II dan staf khusus lainnya yang menangani Reformasi Birokrasi Kementerian ESDM.

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri juga oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar selaku narasumber. Dikatakannya bahwa kementerian bisa mencontoh Negara lain dalam penerapan reformasi birokrasi yang dilaksanakan secara transparan dengan waktu yang cepat. Pengawasan pun dilakukan dengan cara yang canggih yaitu hanya dengan menggunakan handphone yang dinamakan dengan IT based.

Seperti beberapa waktu ke belakang, pemerintah menginstruksikan untuk setiap kementerian/lembaga untuk memangkas anggaran belanja untuk mencapai target penghematan. Namun bukan berarti dengan efisiensi yang dilakukan setiap rencana reformasi birokrasi tidak bisa ter-realisasikan, bahkan pemerintah menganjurkan untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan kinerja.

Selain Korea yang telah menerapkan reformasi birokrasi, Australia dan New Zealand merupakan Negara yang bisa mengatur anggarannya tiap tahunnya dengan mengurangi anggaran belanja birokrasi, namun tetap menunjukkan kinerja yang bahkan lebih meningkat. Negara-negara tersebut bisa menjadi contoh untuk Kementerian/Lembaga di Indonesia.

Namun saat ini tunjangan yang diterima oleh pegawai Kementerian ESDM masih rendah. Tunjangan kinerja yang diberikan akan sesuai dengan kinerja yang telah dilakukan. Menteri PAN RB menyatakan bahwa ada kemungkinan tunjangan pegawai Kementerian ESDM bisa meningkat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: