Pemda Persiapkan CAT CPNS


By | 06.41 1 comment
Pemerintah daerah harus segera mempersiapkan CAT CPNS menjelang digelarnya seleksi CPNS 2014. Pengadaan CPNS tahun ini memang diadakan dengan banyak kemudahan disertai dengan teknologi yang semakin canggih. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para pelamar dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi CPNS yang tidak akan dipusingkan lagi dengan persyaratan yang dianggap rumit. Tahun ini para pelamar tidak harus melampirkan SKCK dan Surat Kuning untuk bisa mendaftar CPNS.

Computer Assisted Test (CAT) merupakan sistem yang digunakan untuk melaksankan seleksi CPNS khususnya untuk TKD dan diwajibkan untuk setiap instansi daerah ataupun pusat. Jika instansi tidak menggunakan CAT maka tidak akan diberikan formasi. Dengan menggunakan CAT, diharapkan akan memberikan hasil yang maksimal dan pegawai yang berkualitas, karena sistem ini digunakan secara transparan dan objektif. Pelamar akan mengetahui skor yang didapat secara langsung dan mengetahui apakah memenuhi passing grade atau tidak. Selain itu, dengan diterapkannya sistem ini diharapkan bisa mencegah terjadinya KKN.

Pemda Persiapkan CAT CPNS

Selain pelaksanaan tes yang menggunakan sistem komputer, pendaftaran pun dilakukan secara online atau disebut dengan single entry, termasuk pengajuan formasi yang dilakukan secara online melalui e-formasi.

Penggunaan CAT memang menjadi pelaksanaan pertama pada tahun ini secara menyeluruh, sehingga para pelamar harus mengetahui penggunaan CAT tersebut. Pemerintah pun telah mempersiapkan bagi para pelamar untuk mengenal CAT CPNS sebelum waktu tes dilaksanakan yaitu dengan digelarnya simulasi CAT di beberapa daerah. Simulasi CAT yang telah dilaksanakan adalah di Jakarta, Bogor dan terkahir di Bandung. Antusiasme para pelamar sangat besar untuk bisa mencoba CAT secara langsung dan rela antre sampai waktu giliran tiba. Rencananya pemerintah akan menggelar simulasi CAT kembali di 5 daerah lain yaitu Semarang, Denpasar, Surabaya, Makassar dan Medan.


Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menganjurkan Badan Kepegawain Daerah (BKD) seluruh indonesia untuk mempersiapkan sistem serta tempat yang akan digunakan untuk tes tersebut. Seperti yang dijelaskan Sekretaris KemenPAN RB, Tsdik Kinanto, “Kepala BKD pemerintah kabupaten dan kota mulai berkoordinasi dengan Kanreg BKN atau Laboratorium Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kemendikbud yang ada di provinsi, untuk mempersiapkan pelaksanaan seleksi CPNS di kabupaten dan kota.” Dikutip dari Menpan

Memang untuk penggunaan sistem CAT ini mendapat perhatian dari lembaga pendidikan untuk bisa berpartisipasi dengan mempersiapkan tempat yang bisa digunakan untuk tes CPNS tahun 2014, termasuk universitas-universitas Indonesia.

Pemda harus segera bersiap untuk mempersiapkan tes CPNS tahun 2014 ini karena daerah mendapatkan formasi yang cukup banyak dibandingkan dengan pemrintah pusat. Formasi yang disediakan untuk CPNS adalah sebanyak 65 ribu dan PPPK 35 ribu sehingga total seluruhnya adalah 100 ribu formasi untuk CPNS tahun 2014.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: