Waspada Bujukan Calo CPNS 2014


By | 20.27 Leave a Comment
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi telah menghimbau kepada masyarakat umum untuk menghindari praktek percaloan menjelang tes Calon Pegawai Negeri Sipil bulan depan. Kemen PAN-RB juga mengungkapkan bahwa tes CPNS untuk tahun ini dilaksanakan secara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun.

“Calo CPNS ini biasanya bekerja sendiri dan murni penipuan, selain itu, modus lain dari calo CPNS tersebut adalah mengaku dirinya kenal dengan beberapa oknum instansi yang akan dilamar calon korban “, ungkap Kepala Biro Hukum Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB, Herman Suryatman. Beliau juga menghimbau untuk lebih hati-hati jangan sampai terbujuk dengan iming-iming calo CPNS yang tidak jelas kebenarannya. Pihaknya melaksanakan tes CPNS secara transparan tidak ada istilah titip-titipan lagi, setelah itu dalam operasinya, calo CPNS tersebut memberikan rayuan kepada pelamar bisa meloloskan menjadi CPNS akan tetapi dengan syarat memberikan ongkos tertentu.

Waspada Bujukan Calo CPNS 2014

Calo CPNS bisa mematok ongkosnya mencapai seratus juta keatas, sedangkan untuk menjadi pegawai honorer, biaya nya kurang lebih dari seratus juta rupiah. Dengan demikian Herman kembali menegaskan “ tidak ada kesempatan bagi oknum pegawai instansi maupun pihak lain untuk melobi panita tes CPNS dengan tujuan supaya mendapatkan jatah”. Seleksi CPNS pada tahun ini akan dilaksanakna secara transparan, objektif, dan kompetitif serta terbebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).


Beliau juga menambahkan penjelasanya bahwa tes CPNS saat ini menerapkan tes secara online, mulai dari proses pendaftaran yang dilakukan secara online, dan tes tulis yang biasanya dipakai sudah diganti dengan tes sistem Computer Assisted Test (CAT). Jika terdapat calo yang meminta sejumlah uang kepada korban yang telah lulus ujian, jangan sampai ditanggapi, sebab kelulusan tersebut murni dari kemampuan pribadi, bukan atas bantuan orang lain.

Untuk biaya adminstrasi atau biaya operasional lainnya, Herman menjelaskan bahwa segala biaya adminstrasi maupun operasional tes CPNS telah diakolasikan dalam APBN maupun APBD di masing-masing kabupaten dan provinsi. Beliau berharap pada saat ini masyarakat lebih fokus untuk mempersiapkan diri menjelang dibukanya pendaftaran tes CPNS baru. Rencana pendaftaran tersebut akan dibuka pekan ketiga bulan Juli. Selain itu untuk kouta yang disiapkan sejumlah enam puluhb lima ribu lowongan untuk CPNS dan tiga puluh lima ribu untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: