Pelamar Mencoba Curangi Panselnas


By | 21.40 1 comment
asncpns.com - Pelamar yang mendaftar CPNS 2014 mencoba mengelabui panitia seleksi nasional untuk membatalkan pendaftaran pada instansi terkait, padahal sudah menjadi ketentuan bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada satu instansi saja. Sebagian pelamar sulit mendaftar dikarenakan sudah terdaftar pada instansi lainnya namun mengadu kepada panselnas dengan alasan tidak bisa mendaftar atau login pada portal mandiri. Pengaduan dari pelamar setiap harinya datang sebanyak 17 ribu pengaduan dan panselnas berusaha membalas email pengaduan tersebut sebanyak 4 ribu per harinya.

Pelamar Mencoba Curangi Panselnas

Pengaduan yang datang ke panselnas tidak melalui email saja ada yang langsung mendatangi ke posko layanan informasi CPNS 2014 di Media Center KemenPAN. dari pengaduan tersebut panselnas melakukan verifikasi data dan memang betul banyak pelamar yang mencoba mengelabui panselnas. Seperti yang dijelaskan oleh Zainul Anwar Effendi, Tim IT Panselnas, ”Pendaftaran CPNS online dengan sistem single entry membutuhkan ketetapan, kecermatan, kejujuran serta integritas para pelamar. Kalau baru mendaftar saja sudah tidak jujur, bagaimana jadi PNS.” Pendaftaran dengan aturan satu kali kesempatan menjadi tolak ukur pemerintah untuk menguji pelamar salah satunya masalah kejujuran. Selain itu seleksi yang ketat juga diharapkan mampu menjaring putra-putri bangsa yang berkualitas.

Panselnas yang hanya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) terbatas benar-benar mencoba melakukan yang terbaik untuk pendaftaran CPNS tahun ini. Namun yang mengecewakan adalah ketika dilakukan verifikasi banyak pelamar yang sudah terdaftar pada instansi. Selain itu juga terdapat pelamar yang mengaku mendaftar di salah satu instansi namun setelah dicek pelamar tersebut telah terdaftar di instansi lainnya sehingga wajar jika tidak bisa mendaftar lagi. Kepercayaan yang diberikan kepada peserta ternyata tidak digunakan dengan baik, diluaran sana banyak masyarakat yang juga ingin turut berpartisipasi dalam seleksi CPNS 2014 namun tidak memiliki kesempatan. Sedangkan pelamar yang telah memiliki kesempatan malah disia-siakan.

Pelamar yang awalnya hanya coba-coba untuk mendaftar dan telah mendapat notifikasi tidak bisa mendaftar lagi karena kesempatan hanya satu kali.

Untuk mendaftar pada portal nasional atau login ke portal mandiri sudah tertera aturannya dan bagaimana cara alur pendaftarannya. Namun kebanyakan peserta belum memahami secara jelas sehingga mendapat beberapa kendala, solusi untuk permasalahan yang dihadapi saat mendaftar bisa dilihat di http://www.asncpns.com/2014/09/macam-macam-solusi-dan-penyelesaian.html, sedangkan untuk memahami tata cara pendaftaran online bisa melihat video berikut


Pendaftaran di sebagian instansi telah ditutup karena jangka pendaftaran sudah selesai, sedangkan ada juga instansi yang baru membuka pendaftaran bahkan masih banyak yang belum membuka terutama instansi daerah. Pendaftaran yang tidak serentak menyebabkan tes CPNS pun tidak serentak. Namun begitu peserta harus tetap mempersiapkan diri dengan mempelajari materi tes CPNS di www.paketlkit.com.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. permisi admin, saya mau tanya
    kalau menu login di sscn.bkn.go.id itu buat apa ya? kanapa saya tidak bisa login menggunakan username dan password yang diberikan panselnas?
    mohon di jawab ya admin,

    BalasHapus