Modus Penipuan Penerimaan CPNS


By | 20.27 Leave a Comment
asncpns.com - Modus penerimaan CPNS baru kini mulai merebak lagi di masyarakat dan mengatasanamakan pemerintah. Dalam surat tersebut tercantum naomor surat serta lampiran seperti layaknya surat yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara, namun tertulis Penerimaan CPNS melalui Jalur Kebijakan. Padahal dalam penerimaan CPNS tahun ini hanya terdiri dari dua jalur saja yaitu jalur umum dan jalur khusus. Untuk jalur khusus dibagi menjadi beberapa formasi yaitu formasi untuk disabilitas, untuk atlit dan pelatih berprestasi, untuk putra/putri lulusan terbaik dan unit percepatan Papua dan Papua Barat, selain itu tidak ada lagi jalur penerimaan yang lain.

Modus Penipuan Penerimaan CPNS

Penerimaan CPNS tahun 2014 dibuka secara resmi melalui website pemerintahan, selain itu segala kebijakan dan persyaratan yang ditetapkan pun telah tercantum dalam website. Secara umum seleksi tahun ini dilakukan secara online dengan tujuan untuk mempermudah para peserta dalam mengikuti seleksi CPNS. Surat Palsu yang beredar di masyarakat mengatasnamakan BKN dengan nomor surat K 26-30/V 11-7/2014 perihal Penerimaan CPNS Daerah 2014, dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar bahwa surat tersebut adalah palsu dan BKN tidak pernah mengeluarkan surat seperti itu.

“Saya yakin masyarakat sudah cerdas. Namun demikian perlu tetap waspada dan mawas diri. Jangan sampai ada korban lagi,” jelas Tomy Donardi, Kepala Sub Bagian Publikasi Humas BKN. Masyarakat diharapkan untuk terus waspada terhadap penipuan seperti ini, dalam seleksi CPNS setiap tahunnya selalu ada kasus mengenai penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan tidak sedikit masyarakat yang terpancing. Bagi masyarakat yang telah dirugikan karena surat tersebut bisa langsung melaporkan kepada institusi penegakkan hukum.

Penipuan CPNS Jalur Kebijakan
Surat diatas adalah merupakan Surat Palsu Kepala BKN tentang Jalur Kebijakan Penerimaan CPNS Daerah 2014 - Image: BKN.go.id


Dengan contoh kasus seperti itu pemerintah tahun ini memperketat seleksi penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem CAT, termasuk pendaftaran yang hanya bisa dilakukan secara online melalui website yang telah ditetapkan. Hasil dari tes meskipun dilakukan di daerah, panitia seleksi memiliki hasil rekapan asli dari tes tersebut dan peserta bisa mengetahui skor yang didapat secara langsung. Namun tetap saja, celah untuk melakukan kecurangan masih terus terjadi, selain melalui surat seperti yang disebutkan diatas juga aksi percaloan yang harus menggunakan sejumlah uang untuk bisa menjadi CPNS dan menjanjikan kelulusan.

Padahal mulai dari awal pengumuman formasi sampai hasil tes dilakukan melalui media informasi pemerintahan secara resmi dan terbuka. Masyarakat harus bisa membedakan dan secara teliti dalam menyerap informasi mengenai informasi penerimaan CPNS. Untuk jalur umum dibuka oleh pemerintah dengan jumlah formasi yang cukup banyak baik itu di daerah ataupun kementerian, sedangkan untuk jalur khusus diperuntukkan di beberapa kementerian terkait. Untuk saat ini instansi tengah melaksanakan tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang untuk instansi yang mengadakan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: