Moratorium CPNS Tidak Berlaku Untuk Sektor Ini


By | 19.08 Leave a Comment
asncpns.com - Moratorium CPNS yang direncanakan oleh pemerintah dalam jangka 5 tahun ke depan tidak bersifat kaku, terbukti dari beberapa sektor yang masih akan dibuka dan di sesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing instansi. Sektor tersebut adalah diantaranya untuk sektor agraris, sektor kemaritiman dan sektor industri. Prioritas pemerintah saat ini memang bertumpu pada sektor tersebut, sehingga jika di daerah membutuhkan pegawai untuk sektor tersebut maka penerimaan CPNS nya akan dibuka. Misalkan jika suatu daerah membutuhkan ahli pengairan maka akan dibuka penerimaan untuk ahli pengairan.

Moratorium Tidak Berlaku Untuk Sektor Ini

Kebutuhan pegawai di setiap instansi daerah dan pusat berbeda-beda, sehingga pemerintah menerapkan sistem yang ketat untuk seleksi CPNS tahun 2015 nanti. Penerimaan hanya berlaku untuk instansi yang benar-benar kekurangan pegawai dan belanja pegawainya tidak lebih dari 70 persen. Saat ini kebanyakan pegawai negeri sipil menumpuk pada satu daerah saja sedangkan daerah lainnya sangat kekurangan pegawai. Untuk memenuhi kekurangan tersebut salah satunya adalah rekrutmen yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk penempatan di wilayah SM3T tahun 2014.

Jumlah formasi yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2015 belum bisa dipastikan begitupun dengan jumlah formasi di tiga sektor yang telah disebutkan di atas. Pemerintah masih harus menunggu data dari instansi yang dimasukkan dalam sistem e-formasi. Dimana dari sistem tersebut akan dengan mudah diketahui seberapa besar kebutuhan pegawai di suatu instansi beserta dengan struktur organisasi dan beban kerjanya. “Akhir Desember harus laporkan semua kementerian. Kalau tidak salah kami sudah surati seluruh kementerian sampai ke provinsi juga agar laporkan formasi yang ada sekarang dan kebutuhan formasi,” jelas Yuddy Chrisnandi, Menteri PANRB. Dikutip dari Republika

Selain tiga sektor yang tidak terkena moratorium jabatan lainnya yang masuk pengecualian adalah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang masih membutuhkan jumlah banyak di beberapa daerah. Mengenai pelaksanaan moratorium ini menurut Yuddy tidak akan mengurangi lapangan pekerjaan karena masyarakat tidak semua harus menjadi PNS dan bekerja di pemerintahan. Meskipun pemerintah adalah penanggung jawab jawab lapangan pekerjaan secara moril, lapangan pekerjaan juga menjadi tanggung jawab dari dan perusahaan swasta lainnya.

Pelaksanaan moratorium tahun depan tidak mneutup kemungkinan untuk rekrutmen CPNS tetap dibuka di bebearapa sektor. Rencana lain untuk menutupi kebutuhan jumlah pegawai di instansi, Menpan berencana untuk merekrut 250 ribu pegawai yang sebagian besar akan direkrut dari kalangan honorer dan sisanya adalah pelamar umum.

Moratorium adalah salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dari para pegawai yang telah ada saat ini. Selain itu beberapa kebijakan juga diterapkan oleh MenPAN RB untuk mencapai efisiensi tersebut dengan mengeluarkan beberapa Surat Edaran untuk PNS.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: