Soal TWK Dianggap Soal Tersulit Dalam Ujian CPNS


By | 18.21 Leave a Comment
Tes TWK Penyebab Gagal CPNS
Kategori soal tes CPNS dibagi menjadi 3 golongan yaitu TWK, TIU dan TKP dimana tiap masing masing kategori soal memiliki ciri tersendiri, kesulitan tersendiri dan untuk lebih jelas mengenai hal ini bisa anda baca di link berikut ini http://www.asncpns.com/2015/03/komposisi-soal-tingkat-kesulitan-dan.html

Dikutip dari jpnn, Widaryati Hestiarsi, Kabid Sistem informasi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Minggu (17/5) menyatakan "Dalam seleksi CPNS 2014, banyak peserta tes yang gagal karena TWK. Ironisnya mereka itu orang-orang pintar, seperti dokter, guru, dan lain-lain"

Soal Tes Wawasan kebangsaan adalah bentuk soal tes yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, UUD 45, sistem tata negara Indonesia baik dalam pemerintahan pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global dan kemampuan pengetahuan umum yang meliputi Bahasa Indonesia dan pengetahuan pengetahuan di bidang ekonomi, hukum, budaya dan wawasan nusantara.

Bahan pembelajaran TWK memang menjadi bahan yang paling banyak untuk dipelajari, sehingga jika seorang calon pelamar tidak memiliki bahan pembelajaran yang mumpuni akan bisa dipastikan kesulitan disaat menghadapi ujian cpns nanti.

Bahan tes TWK cpns tidak seperti tes TIU yang memang ada rumus rumus tertentu yang bisa dihapal, akan tetapi dalam TWK dituntut suatu pengetahuan tentang kepribadian bangsa Indonesia dan segala hal hal yang berkaitan dengannya.

Rendahnya penguasaan wawasan kebangsaan ini, menurut Hestiarsi, menjadi perhatian pemerintah. Sebab, seorang PNS harus tahu benar tentang sejarah bangsa.

"Kami tidak tahu apakah di sekolah masih diajarkan materi sejarah atau tidak. Banyak peserta pintar yang nilai tes intelegensia umum dan karakteristik pribadinya tinggi, tapi wawasan kebangsaannya terjun bebas," tambahnya, saat dikonfirmasi wartawan.

Sebagai bahan pembelajaran terlengkap untuk menghadapi ujian cpns, setiap calon pelamar sangat direkomendasikan untuk memiliki dan mempelajari Paket LKIT 2015. Dimana isi dari Sumber Materi Soal CPNS itu sendiri dianggap menjadi buku pembelajaran terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Detail mengenai hal ini bisa anda langsung akses http://www.paketlkit.com/p/special.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: