Mensos Memperjuangkan Formasi CPNS Disabilitas Tahun 2016


By | 19.33 2 comments
Disabilitas


asncpns.com - Tak ada yang perlu dibeda-bedakan karena semua makhluk ciptaan Tuhan itu sama, begitupun dengan kaum Difabel atau penyandang disabilitas memiliki hak yang sama seperti halnya mengikuti tes CPNS. Meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik, merekapun mampu bersaing dengan orang normal biasa.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Khofifah Indar Parawansa terus berusaha mewujudkan keinginannya agar ada perekrutan formasi CPNS bagi penyandang disabilitas untuk tahun 2016. Hal ini berdasarkan Undang-Undang (UU) No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang didalamya disebutkan 1 dari 6 layanan dasar adalah terkait tentang formasi penyandang disabilitas untuk direkrut sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sudah setahun dijalankannya UU tersebut, sejumlah 31 orang telah lolos CPNS dari 300 formasi CPNS untuk kalangan disabilitas dalam naungan Kementerian Sosial.

Khofifah mengemukakan saat menjadi tamu kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa),"Hanya 11 persen. Hal ini membuat kami untuk memaksimalkan informasi ini agar penyandang disabilitas bisa maksimal dalam mengisi formasi itu di seluruh Indonesia," ujarnya Senin (9/11/2015). Setelah adanya pertemuan organisasi dengan penyandang disabilitas, Khofifah menjelaskan bahwa ada alasan yang membuat formasi untuk penyandang disabilitas belum terpenuhi. Pertama, karena informasi pendaftaran itu belum diterima pada penyandang disabilitas, dan kedua, karena pendaftar penyandang disabilitas yang belum memenuhi kriteria atau tidak lulus tes sebagai PNS.

"Nah, karena itu akan kami maksimalkan informasinya. Kemudian kami juga sudah menggandeng Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN), untuk proses penerimaan CPNS penyandang disabilitas ini," tutur Khofifah.

Diungkapkannya sangatlah penting bekerja sama dengan lintas Kementerian atau lembaga, yaitu terkait pemberian izin gedung dan menyediakan fasilitas gedung dan fasilitas lainnya bagi para penyandang disabilitas. 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

2 komentar:

  1. Sarangnya... Saya tidak memiliki ijazah apa pun.Percuma (bagi saya) dengan berbagai macam keahlian yang ada pada diri saya tanpa ijazah, modal dan kesempatan. Padahal kalau ada kesempatan (tanpa ijazah) saya siap di test sekali pun dngn orang yang memiliki ijazah s1

    BalasHapus
  2. Barangkali, siapa saja yang mau peduli sama saya dan apa saja keahlian saya silakan amati foto2 fb saya Kang Buyoeng, atau Fanspage Jentreng Community. Saya nantikan komentar dan penilaian Anda tentang diri saya.

    BalasHapus