Cara Pendaftaran CPNS 2015


By | 23.28 Leave a Comment
Daftar CPNS 2015

asncpns.com - Menjadi Aparatur Sipil Negara masih menjadi impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan jumlah pendaftar tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mencapai lebih dari 2 juta orang pelamar setiap tahunnya. Khusus untuk tahun 2014 kemarin, pelamar CPNS mencapai 2,6 juta orang atau tepatnya 2.603.780 orang sampai dengan pertengahan bulan Oktober 2014. Ini membuktikan bahwa profesi Pegawai Negeri Sipil masih menjadi primadona di Indonesia.

Dengan jumlah jutaan pelamar setiap tahunnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) didukung dengan kemajuan teknologi dewasa ini yang sangat pesat, menciptakan  suatu sistem rekrutmen berbasis kompetensi secara komputerisasi. Sistem ini dikenal dengan CAT (Computer Assisted Test) yang telah digunakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2014. Penggunaan sistem CAT selain prosesnya cepat, sistem ini akuntbel, trasparan dan objektif sehingga para peserta dan masyarakat bisa mengetahui hasil setiap tahapan.

Selain itu BKN mempermudah para calon pelamar dengan menggunakan proses registrasi secara online. Proses ini memudahkan para pelamar di daerah untuk mendaftar, sehingga anda tidak perlu lagi mengantri di kantor pos atau ditempat pendaftaran CPNS lainnya untuk mendaftar tes seleksi CPNS. Dengan sistem ini juga berdampak baik kepada pemerintah yang berpeluang besar untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa.

Para pelamar bisa mendaftar di website yang telah disediakan serta mengisi data-data yang diperlukan pada formulir registrasi yang tersedia. Jika proses pendaftaran selesai, para pelamar akan mendapatkan nomor registrasi serta langsung melakukan verifikasi dokumen.

Jika masih mengacu pada cara pendaftaran CPNS 2014, berikut adalah alur pendaftarannya.

Cara Daftar Online CPNS 2015














Alur Pendaftaran CPNS
  1. Pendaftaran membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar (Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka pemerintah)
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs: sscn.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.
Test CAT CPNS berdurasi 90 menit yang terbagi dalam tiga subtes dan komposisi soal CPNS yang bervariasi tingkat kesulitannya, yaitu 35butir soal tes wawasan kebangsaan, 30 butir soal tes intelegensi umum, dan 35 butir soal tes karakter pribadi. Para peserta harus memenuhi standar minimal kelulusan tes.

Untuk bobot soal tidak semua sama, tingkat kesulitannya sangat bervariasi, mulai dari tingkat kesulitan mudah, sedang dan sulit. Akan tetapi didominasi dengan tingkat kesulitan sedang. Bervariasinya tingkat kesulitan ini agar bisa menjaring CPNS yang berkompetensi andal - pemahaman menyeluruh silakan akses Juknis Soal CPNS.

Untuk tahun ini pemerintah akan menyediakan lowongan 100 ribu formasi untuk honorer dan umum. 100 ribu formasi ini terdiri untuk formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan formasi jabatan fungsional tertentu. Sebagai bahan pembelajaran terbaik dalam menghadapi tes CPNS 2015 kami merekomendasikan anda untuk mempelajari dengan baik materi yang terdapat dalam PAKET LKIT 2015.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: