Tjahjo: Revolusi Mental PNS Berawal dari IPDN


By | 18.51 Leave a Comment
Tjahjo

asncpns.com - Sikap kepahlawanan tak hanya dimiliki oleh seorang pejuang pembela kemerdekaan negara Indonesia terdahulu saja, namun harus terus dimiliki oleh penerus bangsanya sendiri. Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri menjelaskan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki jiwa kepahlawanan dengan tekad ingin mengabdikan diri bagi bangsa dan negara, serta melayani masyarakat dengan sikap yang sebaik-baiknya, disiplin, dan jujur.
Tjahjo mengungkapkan bahwa,"bisa melayani yang terbaik tanpa pamrih, dia melaksanakan tugas disiplin dengan baik, itu adalah nilai pahlawan." dikutip dari Antara, saat mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2015) di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Dikatakannya, bekerja yang sesuai aturan merupakan contoh bekerja yang baik, tidak melakukan pungutan liar (pungli) yang dapat merugikan masyarakat, serta berani membela kebenaran seperti memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dimanapun berada. Jelasnya, membangun kepahlawanan itu sangat mudah, dimulai dari diri sendiri, dengan bekerja sama, dan mengingatkan orang lain atau sesama rekan kerja agar disiplin dalam bekerja. "Pahlawan adalah yang muncul dari diri kita, bukan dari penghargaan orang lain. Buat apa orang punya gelar, punya pangkat tanpa kita dimulai dengan baik," ungkap Mendagri sekaligus politisi PDI Perjuangan.
Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa esensi daripada kepahlawanan itu sendiri adalah setiap orang pasti punya nilai, setiap orang pasti ingin berbuat sesuatu. Nilai-nilai kepahlawanan tersebut tidak dapat muncul tanpa suatu proses, tetapi harus ada kesadaran, keyakinan, semangat, perbuatan, dan pengorbanan. Sehingga upaya pemerintah dalam mewujudkan PNS yang baik itu, salah satunya dimulai dari institusi pendidikan di IPDN sebagai pembentukan revolusi mental.

Harapan kedepannya, IPDN dapat mendidik praja dengan baik, seperti tidak ada tindakan kekerasan, termasuk dalam proses penerimaannya tidak boleh ada unsur KKN. "Fokus IPDN ini semangat kebersamaan, solidaritas harus kita bangun, ada keyakinan, bahwa tugasnya adalah melayani masyarakat, berbuat yang terbaik buat masyarakat,"tutupnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: