Melawi Ajukan 3500 Formasi CPNS 2016


By | 01.44 Leave a Comment
Formasi CPNS Daerah

asncpns.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat sudah mengusulkan sebanyak 3500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerahnya kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB) via e-Formasi. Pengusulan sebanyak 3500 ini telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan pegawai Kabupaten Melawi.

Kepala BKD Melawi menyebutkan pengajuan yang disampaikan ke KemenPAN tersebut sudah sesuai dengan formasi yang sedang dibutuhkan, diantaranya tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga tehnis. "Mekanisme pengajuannya memang sekarang seperti itu, disesuaikan dengan analisis kebutuhan pegawai di Kabupaten Melawi sebanyak 3.500 orang itu, dan pengajuannya harus melalui e-Formasi," ungkap Paulus, hari Selasa (15/12/2015).

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya bahwa e-Formasi merupakan salah satu sistem yang berguna untuk penyusunan kebutuhan formasi CPNS setiap tahunnya.

Sistem ini merupakan salah satu program percepatan reformasi dan birokrasi yang dicanangkan oleh Azwar Abubakar. Selain itu, sistem e-Formasi terlahir dari landasan pemikiran untuk mempercepat proses administrasi serta menjamin keakuratan data terkait dengan peta jabatan, jumlah pegawai, posisi penempatan pegawai, alokasi kekurangan dan kelebihan pegawai.

Sementara itu, e-Formasi memiliki manfaat untuk menentukan kebutuhan pegawai, menentukan kelas jabatan dan menentukan sasaran kerja pegawai. Adapun tujuan sistem e-Formasi sendiri adalah untuk mengetahui gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan kelebihan pegawai di instansi pemerintah baik lingkungan kementerian, lembaga negara, pemerintah pusat maupun daerah.
Paulus menjelaskan bahwa pengajuan formasi CPNS di Kabupaten Melawi sudah disampaikan kepada KemePAN RB sejak bulan November 2015 lalu. Namun hingga saat ini belum ada kepastian dari pemerintah pusat mengenai pelaksanaan penerimaan CPNS daerahnya. "Nanti akan ada pemberitahuan dari pusat, kapan penerimaan CPNS-nya dan berapa jumlah formasi untuk kabupaten Melawi berdasarkan e-formasi itu, tidak mungkin dari 3.500 yang kita ajukan akan disetujui semua, itu akan dilakukan secara bertahap," jelasnya.

Sebagai bahan pembelajaran terbaik mengikuti tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016, kami rekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2016. Semoga Sukses!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: