Gaji ke-14 Cair Pertengahan Tahun 2016!


By | 17.14 1 comment
Remunerasi
asncpns.com - Setiap tahunnya penghasilan atau gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengalami kenaikan. Contohnya tahun kemarin (2015) gaji para ASN ini mengalami kenaikan sebesar 5 persen. Namun, untuk tahun 2016, pemerintah sudah memastikan tidak akan ada kenaikan gaji untuk para ASN dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia belum dapat mencapai 7 persen.

Sebagai gantinya pemerintah akan menggantinya dengan memberikan gaji ke-13 dalam bentuk Tunjangan Hari Raya (THR). Pemberian THR kepada ASN ini memang kebijakan pemerintah terbaru dan pertama, mengingat selama ini para ASN tidak pernah mendapatkan THR saat Hari Raya, tidak seperti para pegawai swasta yang mendapatkan THR.

Seakan memanjakan para ASN, pemerintah juga baru-baru ini telah menyiapkan gaji ke-14 untuk para ASN/PNS. Tujuan pemberian gaji ke-14 tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Hal ini juga diungkapkan oleh Askolani selaku Direktur Jenderal Anggaranyang mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 6 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2016 untuk gaji ke-14 PNS/ASN tersebut, seperti dikutip dari laman situs Kementerian Keuangan, Rabu 27 Januari 2015.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, gaji ke-14 tersebut rencananya akan diberikan jelang tahun ajaran baru sekolah, atau sekitar Bulan Juni-Juli tahun ini. “Kalau gaji ke-13 itu saat Lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), seperti dilansir dari Setkab, Selasa (26/1/2016).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga berharap dengan adanya gaji ke-14, para PNS tidak lagi terbebani dengan kebutuhan-kebutuhan tambahan yang harus dipenuhi setiap tahun ajaran baru.
“Ini menjadi ekstra pemasukan. Tentunya akan sangat membantu di kala kenaikan sekolah yang membutuhkan biaya tidak sedikit,” tandas Tjahjo.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. disaat banyak rakyat yang yang masih kekurangan, banyak pengangguran gaji PNS malah ditambah ditambah terus. ada gaji 13, ada gaji 14, dan nanti mungkin ada gaji 15,16,17 dan seterusnya. bukannya gaji yang mereka terima itu juga berasal dari rakyat, tapi apa kenyataannya banyak rakyat yang masih sengsara. toh PNS juga banyak mendapat tunjangan - tunjangan.

    BalasHapus