BKPP Meranti Menunggu Laporan Jumlah Honorer dari Setwan


By | 04.38 Leave a Comment
Laporan Jumlah di Meranti

asncpns.com - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau diminta Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melaporkan seluruh jumlah pasti tenaga honorer yang bekerja di Sekretariat Dewan (Setwan). Pasalnya, BKPP Meranti ingin memiliki data dan arsip yang lengkap mengenai tenaga honorer.

Edy Afrizal yang menjabat sebagai Sekretaris BKPP Kabupaten Kepulauan Meranti, mengemukakan bahwa permintaan laporan jumlah pasti tenaga honorer itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah tenaga honorer Setwan yang digaji menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan juga sebagai kelengkapan data arsip tenaga honorer.

Edy menambahkan bahwa terkait tenaga honorer masing-masing di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, saat ini pihaknya telah menerima laporan tersebut.

Dirinya juga menambahkan bahwa pihaknya sudah menerima laporan tenaga honorer masing-masing dari seluruh SKPD. Namun, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan jumlah tenaga honorer dari pihak Setwan. "Sampai sekarang, BKPP belum mempunyai jumlah pasti tenaga honorer yang ada karena kami masih menunggu pihak Setwan melaporkan jumlah honorernya," ungkap Edy, seperti dikutip dari Tribunnews, hari Selasa (26/01/2016).

Pemkab Meranti saat ini tak hanya menunggu hasil laporan tenaga honorer saja, tetapi juga menunggu hasil keputusan pusat terkait pelaksanaan CPNS 2016 di Meranti. Adapun list penerimaan CPNS se Provinsi Riau pada tahun sebelumnya bisa dilihat di artikel ini

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan CPNS tahun 2016 ini akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Adapun soal tes CPNS yang akan digunakan dalam tes seleksi CPNS yaitu terdiri dari 100 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit yang bisa dilihat di Paket LKIT. Soal itu terbagi atas sebagai berikut:
  1.  35 soal TKP (tes karakteristik pribadi) dengan passing grade 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP
  2. 30 soal TIU (tes intelegensi umum) dengan passing grade 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU
  3. 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) dengan passing grade 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK
Perlu diketahui bahwa sistem CAT CPNS merupakan suatu metode uji dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetesi kepegawaian.

Tujuan dari penggunaan metode CAT CPNS di berbagai instansi adalah sbb:
  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Menetapkan standar nilai
  4. Meningkatkan transparansi, obyektivitas, akuntabilitas dan efisiensi
Selain itu, soal CPNS setiap tahunnya selalu berbeda dan tidak sama seperti yang ada di Paket LKIT

Adapun naskah soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS untuk tahun 2016 ini sudah diserahkan Kemendikbud kepada KemenPAN. Bisa dilihat di artikel ini

Bagi anda yang ingin melihat contoh soal baru CPNS 2016, bisa dilihat disini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: