MenPAN Yuddy Utamakan Penerimaan CPNS Tenaga Guru


By | 00.06 Leave a Comment
Tenaga Guru Diprioritaskan dalam CPNS

asncpns.com – Semenjak terjadinya kekurangan pegawai tenaga pendidik (guru), membuat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi prihatin, sehingga mengutamakan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Guru Garis Depan (GGD)

MenPAN Yuddy memaparkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan tenaga guru untuk penerimaan CPNS karena sedang sangat dibutuhkan. "Kalau guru memang membutuhkan terutama di pulau terluar maupun di perbatasan atau GGD," ujar Yuddy di Jakarta, seperti dikutip dari Antaranews, hari Kamis (21/01/2016).

Yuddy menambahkan, yang termasuk daerah terpencil tak hanya ada di luar jawa saja, tetapi juga ada di perbatasan Jawa Barat dan Banten. "Jadi tidak boleh ada kekosongan guru, terutama di tempat-tempat yang mana masyarakat membutuhkan pendidikan dasar," katanya.

Dirinya mengaku bahwa baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), untuk saat ini pemerintah belum memiliki rencana untuk melaksanakan penerimaan aparatur sipil negara (ASN). Namun, pemerintah masih tetap akan membuka penerimaan pegawai dari formasi terbatas yaitu tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga penegak hukum dan sekolah kedinasan. "Begitu juga dengan tenaga kesehatan, tidak boleh kosong. Pelayanan kesehatan harus tetap diberikan. Kita membolehkan penerimaan dokter, bidan dan tenaga kesehatan. Tapi tidak untuk tenaga administrasi umum," terang Yuddy.

Selain itu, dirinya mengatakan tidak mempunyai anggaran lebih untuk belanja pegawai. Oleh karena itu, moratorium terjadi untuk tenaga administrasi lainnya. Setelah itu, diungkapkannya bahwa sejumlah daerah juga mengalokasikan dana lebih dari 50 persen dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk membayarkan gaji pegawai. Sebab ada sekitar 33 persen alokasi dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang digunakan untuk pembayaran gaji PNS.

Rencananya, MenPAN akan mengutamakan CPNS dari tenaga guru. Secara otomatis, kesempatan penerimaan CPNS formasi guru terbuka lebar. Sebelum menyesal nantinya, segera persiapkan diri anda yang akan menjadi seorang guru PNS dengan belajar sungguh-sungguh menguasai materi CPNS. Sebagai informasi bahan pembelajaran terbaik, Kami rekomendasikan anda mempelajari Paket LKIT yang telah meloloskan 3000 CPNS.

Berikut ini contoh soal bidang keguruan yang ada di dalam Paket TKB Keguruan:
1. Bapak Kirmanto adalah seorang guru Matematika yang sangat faham terhadap apa yang akan dia ajarkan terhadap siswa didiknya dalam bidang studi pelajarannya, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan….
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Professional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
Informasi selengkapnya mengenai Paket TKB Keguruan bisa anda akses di link ini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: