Tahun 2016, MenPAN akan Mengangkat CPNS dari Bidan Desa PTT


By | 05.26 Leave a Comment
CPNS 2016 dari Bidan Desa PTT

asncpns.comMenteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi bersedia mengangkat 16.467 bidan desa pegawai tidak tetap (PTT) pusat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016, melalui formasi khusus tanpa syarat. Oleh karena itu, Forum Bidan Desa PTT (Pusat) Indonesia mengingatkan kembali MenPAN-RB mengenai keputusan hitam di atas putih atau perjanjian tertulis pada 28 September 2015 lalu.

Lilik Dian Eka selaku Ketua Forum Bidan Desa PTT Indonesia mengemukakan bahwa pihaknya datang ke kantor KemenPAN-RB untuk menagih janji yang sudah disepakati sebelumnya. "Kami ke Kantor KemenPAN-RB untuk menagih janji Menteri Yuddy yang sudah dituangkan dalam perjanjian hitam di atas putih pada 28 September lalu. Kami juga sudah bertemu dengan MenPAN-RB pada Senin (18/1)," ungkap Lilik, seperti dikutip dari JPNN, hari Kamis (21/01/2016).

Lilik menambahkan saat pertemuan singkat itu, keputusan MenPAN-RB mengangkat seluruh bidan PTT dengan syarat pada saat awal mereka direkrut menjadi bidan PTT berusia dibawah 35 tahun. MenPAN-RB mengaku sudah rapat di Kementerian Kesehatan dengan Menteri, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Direktur Jenderal (Dirjen) dan Inspektur Jenderal (Irjen). "Jadi kalau di MenPAN-RB sudah tidak masalah. Yang masalah kan di Menkes yang sengaja menahan kami tidak jadi PNS," ketus Lilik.

Sementara kabar yang menggembirakan, diungkapkan Lilik kalau anggaran banyak bisa langsung diangkat sekalian dalam setahun. Kalau anggaran terbatas, penyelesaiannya secara bertahap. MenPAN-RB tidak mempermasalahkan berapa banyak yang diangkat karena ketentuannya sesuai anggaran. "KemenPAN-RB hanya mendapatkan total kuotanya (CPNS) dari Menkeu, nah menurut MenPAN-RB itu nanti dibagi-bagi dan Kemenkes diberi prioritas," terangnya.

Kabar gembira diatas sekaligus membawa harapan jelas akan adanya pembukaan peneriman CPNS di formasi tenaga kesehatan. Segera persiapkan bekal menghadapi penerimaan CPNS khususnya di formasi tenaga kesehatan dengan mempelajari bahan pembelajar terbaik Paket LKIT beserta Paket LKIT Tes Kompetensi Bidang (TKB), seperti Paket LKIT TKB  Kebidanan, Paket LKIT TKB Keperawatan, Paket LKIT Kedokteran tuk menguasai materi CPNS. Yang telah meloloskan 3000 CPNS murni.

1. Nilai normal Hb menurut sianmethemoglobin pada bayi baru lahir adalah
A. 13,5 - 18,0 gr/dl
B. 11,5 - 16,5 gr/dl
C. 13,6 - 19,6 gr/dl
D. 9,5 - 12,5 gr/dl
E. 11,0 – 13,0 gr/dl

2. Ny, Sumiati hamil 7 bulan, hamil pertama, umur 37 tahun, mengatakan sakit pinggang, pegal – pegal sudah 2 hari, TD : 120 / 80, edema pada tungkai, CVAT tidak nyeri ketok, urine ( - ), glukosa ( - ), DJJ ( + ) 130 x / menit. Dari kasus tersebuut diagnosa yang dapat ditegakkan adalah, kecuali
A. Kehamilan primi tua
B. Gangguan ginjal
C. Sakit pinggang fsikologis
D. Edema fsikologis

Detail Paket LKIT TKB Kebidanan bisa dilihat di link berikut ini

Rekrutmen Bidan Desa Tidak Ditarik Dana Sepeser Pun

Yuddy menegaskan bahwa penerimaan CPNS dari bidan desa PTT tidak ditarik dana sepeser pun. Hal ini menyusul maraknya oknum pejabat di daerah yang memintakan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah kepada bidan desa PTT untuk diangkat CPNS.

"Tolong seluruh bidan desa PTT, jangan mengeluarkan uang sepeser pun. Menjadi CPNS itu gratis, yang penting memenuhi syarat saja," tuturnya.

Sebelumnya Ketua Forum Bidan Desa PTT (Pusat) Indonesia Lilik Dian Eka menyebutkan, untuk menjadi CPNS bidan desa PTT dimintakan dana Rp 75 juta hingga Rp 250 juta. Bahkan tidak hanya menjadi CPNS, untuk diangkat bidan desa PTT harus membayar hingga Rp 50 juta. Dan untuk memperpanjang SK harus bayar jutaan rupiah juga.

"Saya tegaskan di sini, tidak ada bayar membayar di rekrutmen CPNS. Semuanya sudah dianggarkan ‎jadi‎ gak pake duit," tegas Yuddy di kantornya, Kamis (21/1).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: