Penyebaran Guru SD PNS di Beltim Tidak Merata


By | 04.06 Leave a Comment
Kekurangan Guru SD di Beltim

asncpns.com- Keberadaan guru pegawai negeri sipil (PNS) sekolah dasar (SD) di Kecamatan Damar dan Kecamatan Gantung (khususnya di pulau-pulau kecil) dirasakan masih sangat kurang jumlahnya. Sebab, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memetakan sebaran guru jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Beltim.

Alvian selaku Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Dasar Dindik Kabupaten Beltim mengatakan bahwa guru PNS yang mengajar di SD Beltim yang berjumlah banyak tak hanya ada di Kecamatan Manggar saja tetapi juga menyebar di seluruh Kabupaten Beltim kecuali di Kecamatan Damar dan Kecamatan Gantung. "Kondisi guru-guru di SD-SD yang ada di Belitung Timur ini memang guru PNS-nya di sebagian sekolah itu berlebih. Bukan cuma di Manggar, tapi se-Kabupaten. Di sisi lain, ada dua kecamatan yang kurang. Seperti Damar, dan kedua, pulau-pulau di Kecamatan Gantung, seperti Pulau Long, Pulau Sekunyit," ungkap Alvian kepada wartawan di Belitung, hari Senin (01/02/2016).

Alvian menambahkan, penyebaran guru yang tidak merata ini yang membuat kondisi kekurangan guru SD yang berstatus PNS di sebagian kecamatan yang ada di Kabupaten Beltim. "Kondisi real sekarang, secara total, guru SD untuk guru kelas itu berlebih. Itu khusus untuk di darat. Begitu ditotal dengan yang di pulau-pulau sebenarnya pas. Sebarannya saja yang belum merata," katanya lagi.

Dirinya menjelaskan, sebenarnya dalam kondisi riilnya jumlah guru SD Kabupaten Beltim yang berada di darat itu jumlahnya berlebih dibandingkan jumlah guru yang ada di pulau-pulau. Jika seluruh guru SD baik yang ada di darat maupun yang ada di pulau-pulau ditotalkan kemudian dilakukan penyebaran atau pemerataan guru sebenarnya sudah pas dan tidak mengalami kekurangan. Sehingga tidak perlu menambah guru honorer.

Meski begitu, para pegawai PNS tak akan selamanya menempati posisinya karena seiring terus berjalannya waktu, mereka pada akhirnya akan mengalami pensiun juga. Tentunya dari PNS yang pensiun itu, di daerah tempatnya bekerja akan membutuhkan PNS baru. Secara otomatis untuk mendapatkan PNS baru baik di Beltim maupun di berbagai daerah lainnya yang membutuhkan PNS baru harus melaksanakan tes seleksi penerimaan CPNS.

Rencananya, MenPAN akan mengutamakan CPNS dari tenaga guru. Secara otomatis, kesempatan penerimaan CPNS formasi guru terbuka lebar. Sebelum menyesal nantinya, segera persiapkan diri anda yang akan menjadi seorang guru PNS dengan belajar sungguh-sungguh menguasai materi CPNS. Sebagai informasi bahan pembelajaran terbaik, Kami rekomendasikan anda mempelajari Paket LKIT yang telah meloloskan 3000 CPNS.

Berikut ini contoh soal bidang keguruan yang ada di dalam Paket TKB Keguruan:
1. Bapak Kirmanto adalah seorang guru Matematika yang sangat faham terhadap apa yang akan dia ajarkan terhadap siswa didiknya dalam bidang studi pelajarannya, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan….
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Professional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
Informasi selengkapnya mengenai Paket TKB Keguruan bisa anda akses di link ini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: