Sekolah Dasar Butuhkan Guru PNS


By | 23.41 Leave a Comment
Kecamatan Ajangale Butuhkan Guru PNS SD

asncpns.com - Masalah kekurangan pegawai masih terus berlangsung dan akan berhenti nantinya apabila sudah ada pengganti pegawai itu di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Saat ini sedang terjadi kekurangan pegawai dari tenaga pendidik (guru) yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di beberapa sekolah yang berlokasi di Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sekolah yang kekurangan tenaga guru di Kecamatan Ajangale itu, salah satunya di sekolah dasar (SD) Negeri 105 Welado. Sekolah di daerah ini hanya memiliki satu guru yang berstatus PNS, sedangkan sisanya diisi kebanyakan oleh tenaga guru honorer.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Ajangale, Sukmawati memaparkan bahwa daerahnya menginginkan adanya pemerataan guru dan diharapkan bisa membantu pekerjaan guru PNS disana. “Di daerah ini banyak guru honorer yang kami manfaatkan tenaganya, karena guru PNS minim,” kata Sukmawati saat melalui telepon selulernya kepada wartawan di Bone, hari Minggu (24/01/2016).

Sukmawati menjelaskan, akibat kekurangan guru PNS di SDN 105 Welado, membuat pegawai guru yang hanya memiliki satu guru PNS tersebut harus merangkap tugas sebagai kepala sekolah. “Semuanya guru honorer dek yang sifatnya sangat membantu kami di sini, kepala sekolahnya saja PNS, sementara memiliki murid sekitar 200 orang,” ujarnya.

Terpisah, kekurangan pegawai guru PNS di sekolah dasar sebelumnya juga sudah melanda sekolah dasar di Kabupaten Sleman Provinsi DIY sebanyak 673 orang, dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kekurangan pegawai disebabkan oleh banyaknya PNS yang pensiun dalam setiap tahunnya di berbagai daerah. Selain itu, kekurang pegawai PNS bukan disebabkan oleh pensiun saja, melainkan juga karena ada pegawainya yang meninggal, dipecat tidak hormat, mengundurkan diri dari jabatan bahkan sampai mutasi atau pindah tugas

Melihat kondisi kekurangan pegawai guru PNS ini, akhirnya pemerintah akan memprioritaskan pengangkatan CPNS dari tenaga guru pada penerimaan CPNS tahun 2016 ini.

Sikap optimis tak hanya dibutuhkan saat sudah siap dengan persiapan menghadapi penerimaan CPNS , tetapi juga saat sedang melakukan persiapan mempelajari soal-soal CPNS untuk melatih sudah sejauh mana penguasaan materi CPNS, yang bisa dibantu dengan Paket LKIT. Berdoa dan belajar adalah cara kita untuk berusaha mendapatkan apa yang kita inginkan di dunia ini, termasuk bila ingin menjadi bagian dari aparatur sipil negara (ASN). Dengan sudah melakukan usaha seperti itu, selebihnya kita hanya bisa mempasrahkan diri terhadap apa yang sudah menjadi kehendak terbaik Tuhan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: