Bekal PNS Saat Menjelang Purnabakti


By | 00.39 Leave a Comment
Kewirausahaan untuk PNS Jelang Pensiun

asncpns.com- Memasuki masa purnabakti atau pensiun, para pegawai negeri sipil (PNS) akan diberikan bekal kewirausahaan berupa pelatihan kewirausahaan. Pelatihan kewirausaan ini dilakukan agar para PNS yang akan pensiun dari pekerjaanya, bisa mengelola keuangan pensiun sebagai usahanya dengan mengembangkan skill yang diperoleh selama pelatihan dan mendorong jadi pelaku usaha agar mendapatkan penghasilan, untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa depan setelah pensiun PNS. Salah satunya terjadi di Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Sri Rohmiati sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Magelang, mengatakan bahwa
PNS yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang pada tahun 2017 mendatang akan memasuki masa pensiun sebanyak 164 orang. Namun, sebelum menjelang masa pensiun, mereka akan terlebih dulu dibekali dengan ilmu kewirausahaan. “Sebelum pensiun, mereka butuh persiapan mental, kemampuan dan keterampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal setelah purna tugas,” katanya

Sri memaparkan bahwa diadakannya pelatihan kewirausahaan untuk PNS yang akan pensiun itu, mereka diharapkan tetap memiliki aktivitas setelah sudah tidak menjadi abdi negara. Selain itu, kewirausahaan juga sebagai antisipasi dampak bagi para PNS yang tak bekerja lagi seperti sebelumnya. “Pastinya  ada perubahan saat pegawai menjalani pensiun,” katanya.

Sementara, Syarifudin selaku Kepala Bidang Mutasi BKD Kota Magelang menyebutkan bahwa para PNS yang diberi pelatihan nanti akan diajak mengunjungi sentra-sentra usaha di Wonogiri dan Surakarta. Hal ini dilakukan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan keterampilan bagi PNS jelang masa  pensiun. Tambahnya, kunjungan itu akan dilakukan nantinya ke pengusaha batik, pengolahan biji jambu mete dan pengolahan ikan nila.

Untuk anda yang menginginkan menjadi bagian dari PNS, segera persiapkan diri untuk menghadapi tes seleksi CPNS dengan mempelajari materi CPNS. Kami rekomendasikan Paket LKIT sebagai sumber bahan pembelajaran terbaik. 


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: