Pemprov Kaltara Buka 500 Formasi CPNS 1 Agustus Mendatang


By | 17.47 Leave a Comment
CPNS Pemprov Kaltara 2017
Pemprov Kaltara resmi mendapatkan jatah kuota penerimaan cpns sebanyak 500 formasi untuk rekrutmen asn tahun 2017 ini. Jumlah ini sebenarnya masih jauh dari jumlah alokasi formasi yang diajukan dalam e-formasi yaitu sekitar 5.164 formasi dimana jumlah tersebut merupakan kebutuhan 5 tahun, yaitu 2015 sampai dengan 2019.

Pelaksanaan seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kaltara tahun ini diinformasikan Sekprov Kaltara H Badrun akan berlangsung Agustus mendatang.

"Kaltara termasuk provinsi yang akan melaksanakan rekrutmen CPNS 2017. Saat ini tengah dibahas kira-kira nanti proses seleksi, kepanitiaan, dan lain-lain,"

Melihat Permenpan RB Nomor 20 tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017, sudah diatur jenis kriteria jabatan yang akan direkrut.
Posisi tenaga kesehatan (nakes), yakni dokter dan perawat 35 persen, guru 35 persen, dan jabatan pendukung infrastruktur 30 persen.

Di satu sisi, Pemprov Kaltara saat ini membutuhkan banyak pegawai untuk mengisi jabatan tenaga fungsional umum, seperti bendahara, pengelola keuangan, dan analis kepegawaian. Termasuk jabatan fungsional tertentu, auditor dan arsip.

"Kami harapkan kuota yang diberikan sesuai dengan formasi yang kami butuhkan," ungkap Muhammad Ishak selaku Kepala BKD Pemprov Kaltara.

Pemprov Kaltara membutuhkan banyak tenaga tenaga berbasis pengelolaan keuangan untuk memperkuat pengelolaan keuangan daerah.

"Kami berkoordinasi terus dengan Kemenpan RB agar 500 kuota tersebut, formasinya tidak kaku," tambahnya.


Tes CPNS Daring

Pendaftaran CPNS Kaltara bisa mulai dilakukan mulai 1 Agustus mendatang di sscn.bkn.go.id.

Mengenai tes yang akan dilakukan adalah mengacu kepada Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017, dimana tes akan terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang.

baca juga:
Grade Kesulitan Soal di Jawa Lebih Sulit
Tes CAT, 1 Soal bernilai 50 detik

Mengenai Tes Kompetensi Bidang, materi seleksi ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional. Untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana.

"Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar," bunyi Lampiran Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017.

Passing Grade dan Penilaian Kelulusan

Nilai kelulusan CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.

Referensi Pembelajaran

Sebagai rekomendasi persiapan standard tes CPNS di lingkungan pemerintahan daerah (provinsi/kota/kabupaten), pelajarilah Paket LKIT dan Paket LKIT TKB Pemda.

Untuk rekopmendasi pembelajaran sempurna, silakan anda pelajari Paket LKIT Pack Titanium

Baca Juga:
Apresiasi Kemenpan RB perihal bahan pembelajaran CPNS Paket LKIT

BKD Kaltara lanjut Kepala BKD Muhammad Ishak sudah memperbanyak perangkat komputer di Laboratorium Computer Assisted Test (CAT).

Laboratorium nanti digunakan saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Yang jelas kami siap. Dari komputer 51 unit, sekarang sudah diperbanyak menjadi sekitar 90 unit. Tinggal nanti pengecekan saat pelaksanaan tes," ujarnya.

Lampiran
Permenpan RB No 20 Tahun 2017
Seleksi Kompetensi Dasar
Seleksi Kompetensi Bidang

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: