Kepedulian PNS pada Lingkungan


By | 22.35 Leave a Comment
Kepedulian PNS merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan terhadap lingkungan sekitar. Karena PNS merupakan gambaran yang bisa dicontoh oleh masyarakat luas, baik PNS yang berprofesi sebagai guru, perawat, atau anggota pemerintah yang bekerja pada instansi daerah dan kementerian. Seperti halnya yang telah diucapkan oleh Humas BKN dalam saat membuka acara Sosialisasi sebagai hari memperingati HUT BKN ke-66 bahwa PNS merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan sekitar.

Lingkungan dalam hal ini mencakup semua aspek kehidupan. Lingkungan yang harus sangat dperhatikan adalah lingkungan sekitar khususnya terhadap masyarakat. Pelayanan maksimal kepada masyarakat sudah menjadi hal yang wajib, ditambah dengan kepedualian dalam hal ketertiban bermasyarakat.

Kepedulian PNS pada Lingkungan

Adanya PNS sebagai sumber daya manusia dalam Badan Kepegawaian Negara merupakan hal yang sangat penting pada setiap instansi. Sehingga segala hal yang diperlukan oleh Aparatur Sipil Negara harus dicukupi untuk memberikan kesejahteraan kepada pegawai dan bisa memberikan kinerja yang maksimal kepada negara. Pemenuhan kesejahteraan ini menjadi satu hal yang sangat di impikan oleh ‘dulu’ pegawai honorer. Karena dengan menjadi seorang Abdi Negara kondisinya akan menjadi lebih baik. Namun anggapan itu bisa terpatahkan oleh jumlah kebutuhan yang tidak sesuai dengan pegawai yang membutuhkan. Tahun 2014 ini, seleksi tes CPNS dilakukan dengan ketat yaitu dengan menggunakan sistem CAT CPNS pada proses Tes Kemampuan Dasar, hal ini dilakukan untuk lebih mengefisienkan waktu dan biaya. Selain itu, dengan penggunaan CAT CPNS tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa medapatkan hasil kelulusan.

Lingkungan yang baik tentu tergantung kepada petinggi yang memberikan contoh kepada masyarakatnya, jika pemimpinnya kotor bukan tidak mungkin masyarakatnya juga ikut kotor. Begitupun selanjutnya. Setelah susah payah untuk mendapatkan jabatan sebagai Abdi Negara seharusnya mengisi jabatan dengan sebaik mungkin, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi abdi negara. Formasi yang dibuka untuk PNS tahun ini adalah 60 ribu kursi untuk bisa menjadi bagian dari 60 ribu PNS yang lulus itu bisa dengan mempelajari Paket LKIT 2014.

Karena PNS yang memiliki integritas dan profesionalisme yang sangat diperlukan oleh negara, bukan PNS yang hanya mengejar jabatan dan tidak melakukan kinerja secara maksimal. Evaluasi dan inovasi harus terus ditingkatkan sebagai salah satu upaya kepedulian terhadap lingkungan, terutama kepedulian terhadap lingkungan bersih narkoba dan tata tertib lalu lintas.

Terbukti untuk kepedulian lingkungan ini, pemerintah telah menetapkan untuk melakukan tes narkoba terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan menjadi abdi negara. Pemberian sosialisasi kepedulian lingkungan ini dihadiri oleh 100 pegawai dari semua instansi yang diharapkan bisa menjadi aturan tidak tertulis yang harus dijalani. (ASN CPNS / AN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: