Manfaatkan Fasilitas UKG Untuk Seleksi ASN 2014


By | 01.24 Leave a Comment
asncpns.com - Selain BKN yang memberikan fasilitas untuk penggunaan CAT BKN, pemerintah juga menggunakan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk digunakan pada saat seleksi ASN 2014 yang tinggal beberapa waktu lagi. Persiapan ini dilakukan karena CAT sangat berguna untuk pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) di setiap instansi atau kementerian yang merekrut pegawai baru di lingkungannya. Sampai saat ini, alokasi formasi untuk instansi daerah dan kementerian telah diumumkan oleh pemerintah tinggal menunggu formasi yang masih dalam tahap proses.

Manfaatkan Fasilitas UKG Untuk Seleksi ASN 2014

Penggunaan UKG untuk membantu memfasilitasi seleksi ASN adalah dikarenakan kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh BKN. Tahun ini, pemerintah daerah dan kementerian yang mengadakan penerimaan CPNS baru terdiri dari 486 dan masing-masingnya mengadakan Tes Kompetensi Dasar (TKD). Fasilitas CAT yang dimiliki BKN adalah sebanyak 1.215 PC yang bisa menjangkau 150 titik. Jika dihitung untuk menutupi kekurangan tersebut pemerintah harus menyediakan fasilitas yang bisa menjangkau 336 titik lagi. Kekurangan tersebut bisa ditutupi oleh panitia seleksi nasional (Panselnas) dengan memanfaatkan fasilitas UKG yang dimiliki oleh Kemendikbud.

Dengan digunakannya fasilitas UKG tersebut masih membutuhkan banyak persiapan sampai tahap siap untuk digunakan pada saat tes nanti. Seleksi ASN yaitu CPNS dan PPPK memang akan digelar tahun ini, namun untuk seleksi PPPK sendiri masih harus menunggu Peraturan Pemerintah tentang PPPK yang masih dalam tahap proses penyelesaian.


Tes Kompetensi Dasar menjadi hal penting dalam penentuan lulus atau tidak lulus tes CPNS tersebut, tes ini dilaksanakan pada tahap awal yang selanjutnya akan dilaksanakan Tes Kompetensi Bidang jika memang sudah dinyatakan lulus pada TKD. Untuk bisa memahami setiap soal yang keluar pada TKD, direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 terlebih dahulu. Isi dari Paket terdiri dari materi dan soal CPNS tahun 2014 lengkap bersama jawabannya.

Pemberian nilai pada TKD akan secara langsung didapatkan oleh setiap peserta yang melaksanakan tes, peserta yang memenuhi passing grade maka akan dinyatakan lulus dan sebaliknya. Namun jika skor tinggi belum tentu bisa memenuhi passing grade dan lulus tes. Nilai yang diambil bukan secara keseluruhan dari setiap komponen soal, melainkan dari masing-masing komponen soal yang telah ditentukan batasan skornya. Tes Kompetensi Dasar di setiap instansi daerah dan kementerian terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian.

Pada saat ini, panselnas tengah mengintegrasikan sistem CAT ke fasilitas UKG. Persiapan ini menunjukkan bahwa penerimaan ASN berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan diterapkannya sistem CAT diharapkan mampu mewujudkan tes yang adil, transparan dan objektif.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: