Cara Memilih Tempat Untuk Tes CPNS 2014


By | 22.26 Leave a Comment
Peserta yang akan megikuti tes CPNS di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) bisa memilih tempat tes sesuai keinginan. Pemilihan tempat dilakukan sesuai kedekatan tempat tinggal, mengingat kantor KemenPAN RB hanya ada di Jakarta sedangkan pelamar berasal dari berbagai daerah. Untuk memaksimalkan tes CPNS tahun ini, KemenPAN RB telah menyiapkan 104 tempat ujian yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebagian besar merupakan perguruan tinggi. Tahapan Tes Kompetensi Dasar dilaksanakan setelah proses pendaftaran secara online pada portal nasional, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi bisa memilih tempat untuk TKD.

Cara Memilih Tempat Untuk Tes CPNS 2014

Dengan adanya fasilitas teknologi informasi memudahkan proses seleksi CPNS untuk setiap pelamar yang berasal dari penjuru Indonesia. Seperti yang diungapkan oleh Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Ugi Cahyo Setiono, “Mereka bisa memilih tempat tesnya dari 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air.” Diharapkan rekrutmen ini mampu menjaring putra putri bangsa dari seluruh Indonesia dan bisa menjadi perekat NKRI. Pemilihan tempat dipermudah karena penggunaan sistem Computer Assisted Test yang bisa dimonitor dari kantor Kemenpan.

Sebagai contoh, pelamar yang berada di Jawa Timur bisa mengikuti seleksi di beberapa perguruan tinggi yang telah disiapkan untuk TKD, seperti Universitas Airlangga, Institut Teknolgi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, dan Universitas Negeri Jember. Langkah yang dimabil oleh KemenPAN RB diharapkan mampu menarik perhatian kementerian/lembaga lain yang tidak memiliki instansi vertical di daerah untuk bisa mengikuti tahapan tes seperti ini, karena akan mempermudah setiap pelamar yang bertempat tinggal jauh dari kantor kementerian/lembaga. Seleksi CPNS Kementerian PANRB juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memanfaatkan fasilitas untuk Tes Kompetensi Dasar yang menggunakan CAT CPNS.

Pada penggunaan CAT peserta akan diberikan soal sebanyak 100 soal dan harus dijawab dalam jangka 90 menit. Soal Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 3 komponen soal yang harus dipelajari dengan benar materinya karena akan menentukan kesiapan peserta untuk menjadi abdi negara dan pelayan masyarakat dalam pemerintahan. Untuk bisa bersaing sehat dalam seleksi CPNS tahun ini, direkomendasikan untuk mempelajari materi TKD pada Paket LKIT 2014. Dengan menggunakan sistem CAT, KemenPAN RB hanya membuka lowongan formasi sebanyak 20 lowongan saja yang terdiri dari 13 pelamar umum dan sisanya dialokasikan untuk pelamar jalur khusus.

Meskipun memang dengan cara ini peserta nantinya akan bergabung dengan peserta yang mengikuti seleksi di kementerian lain dalam satu tempat. Pelamar tidak perlu bingung karena setiap orangnya telah memiliki kode instansi yang dipilih pada saat proses melamar. Apalagi pihak KemenPAN RB juga memantau secara detail mulai dari jumlah pelamar sampai hasil tes dari monitor yang telah disediakan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: