Jadwal TKD CPNS 2014


By | 00.59 Leave a Comment
asncpns.com - Jadwal tes CPNS di lingkungan instansi pemerintah sudah mulai digelar sejak kemarin (22/9). Namun pelaksanaan tes tentunya tidak serentak seperti pendaftaran yang tidak serentak sehingga penutupan pendaftaran pun berbeda-beda. Pelaksanaan tes CPNS meskipun berbeda namun sistem nya tetap sama yaitu menggunakan sistem CAT, dimana setiap peserta akan mendapatkan 100 soal dan harus selesai dalam jangka waktu 90 menit. Pemerintah telah menyediakan 2 sistem CAT untuk mendukung seleksi CPNS tahun ini yaitu dengan menggunakan CAT BKN dan CAT UKG yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Jadwal TKD CPNS 2014

Instansi yang melaksanakan tes pada hari ini (23/9)adalah Provinsi Yogyakarta, yang telah didahului sebelumnya oleh beberapa instansi pusat (22/9) yaitu Kementerian Kehutanan dengan 3300 peserta, Bakorkamla 5062 peserta dan Kementerian Perdagangan 1801 peserta. Persaingan yang ketat di masing-masing instansi bukan tanpa alasan karena pelamar yang mendaftar jumlahnya berkali lipat dibandingkan dengan lowongan yang tersedia. Pelamar yang telah mendaftar pada instansi yang dipilihnya dan akan mengikuti tes CPNS direkomendasikan untuk memperbanyak latihan dan mempelajari kisi-kisi soal CPNS. Salah satu materi pembelajaran untuk tes CPNS bisa diakses di www.paketlkit.com

Jumlah instansi yang telah membuka pendaftaran adalah sebanyak 368 instansi dan yang masih belum membuka 98 instansi. Kendati begitu, pendaftaran dan pelaksanaan tes tetap berjalan. Selain formasi jalur umum, tahun ini pemerintah juga membuka penerimaan CPNS jalur khusus dengan jumlah yang lumayan banyak.

Rencana untuk jadwal instansi yang akan melaksanakan tes selanjutnya adalah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tanggal 25 September, Bappenas tanggal 27-28 September, BMKG dan Lapan tanggal 1 Oktober, LKPP tanggal 7 Oktober dan Kementerian Keuangan tanggal 24September 2014. Kementerian Keuangan menjadi instansi favorit dengan jumlah pelamar yang paling banyak yaitu 134.688 pelamar.

Pendaftar CPNS tentunya akan semakin bertambah seiring dengan dibukanya pendaftaran pada instansi yang belum membuka pendaftarannya. Total pelamar yang berhasil mendaftar pada portal nasional mencapai 2.246.886 sedangkan formasi CPNS yang disediakan tahun ini aalah 100 ribu lowongan terbagi untuk instansi daerah dan pusat. Pendaftaran pada portal nasional juga dihiasi dengan pengaduan kendala dari pelamar terkait permasalahan NIK, email atau belum ada notifikasi yang dikirim panselnas via email. Untuk pemahaman mengenai penyelesaian permasalahan pendaftaran bisa mengakses http://www.asncpns.com/2014/09/macam-macam-solusi-dan-penyelesaian.html.

Pelamar harus teliti dari mulai pendaftaran sampai pada tahap tes, setiap peraturan dan persyaratan harus dipahami dengan benar. Termasuk persyaratan khusus yang ditetapkan oleh masing-masing instansi. Semua proses pada seleksi CPNS tahun ini serba dipermudah oleh pemerintah dengan tujuan pelamar akan lebih mudah mendaftar tanpa harus memikirkan persyaratan yang rumit dan tidak merugikan pelamar.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: