Telat 1 Menit Bisa Dinyatakan Gugur


By | 01.20 Leave a Comment
asncpns.com - Tes Kompetensi Dasar di beberapa instansi sudah mulai dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT BKN. Kementerian Kehutanan menjadi instansi yang mendapatkan kesempatan pertama menggunakan fasilitas CAT BKN. CAT menjadi sayarat wajib untuk setiap instansi dalam penerimaan CPNS tahun ini, kesiapan perlengkapan pun berkali lipat dari tahun sebelumnya karena tahun 2013 hanya 78 instansi saja yang menggunakan CAT BKN. Untuk menggapai daerah yang tidak memiliki kantor regional juga sudah disediakan CAT UKG sehingga setiap pelamar di daerah manapun bisa melaksanakan tes CPNS menggunakan sistem CAT.

Telat TKD Bisa Dinyatakan Gugur

Tanggal 22 Septmber menjadi awal pelakasanaan Tes Kompetensi Dasar bagi instansi pemerintah yang telah siap. Seperti pendaftaran yang dilaksanakan secara bertahap, pelaksanaan tes pun tidka serentak tergantung kesiapan masing-masing instansi karena sebelum tahap seleksi tes pelamar harus mengikuti seleksi administrasi terlebih dahulu yang sudah menjadi kewenangan dari instansi terkait. Pada hari pertama pelaksanaan tes kompetensi dasar rekapitulasi nilai yang didapat adalah 400 sebagai skor tertinggi. Seperti yang dijelaskan oleh Porman Simatupang, Kasubid Standarisasi dan Prosedur Sistem Rekrutmen ASN BKN, “Kami telah mengantongi skor tertinggi peserta untuk hari pertama, sementara ini skor tertinggi peserta berada di angka 400.”

Skor tersebut bukan berarti nilai tertinggi tetap karena tes menggunakan CAT BKN akan terus berlangsung. Dengan mengetahui skor tertinggi sementara diharapkan para pelamar lebih termotivasi untuk bisa melebihi skor tersebut dengan memantaskan diri dan belajar sungguh-sungguh. Dalam tes kompetensi dasar terdapat 3 komponen soal yang harus dijawab oleh setiap peserta yaitu Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Kepribadian yang masing-masing memiliki passing grade yang berbeda. Sebagai bahan materi untuk pembelajaran ketiga komponen soal tersebut bisa mengakses www.paketlkit.com

Kementerian Kehutanan salah satu instansi yang melaksanakan tes kompetensi dasar menggunakan CAT BKN pada hari pertama dengan kuota peserta yang dijadwalkan adalah sebanyak 690 orang, sedangkan total semua peserta yang melamar di Kementerian Kehutanan adalah sebanyak 3300 pelamar. namun dari rencana 690 peserta hanya 573 orang saja yang mengikuti tes tersebut dan sisanya 117 orang dinyatakan gugur. “Jangankan tidak hadir ikut TKD, telat 1 menit saja langsung dinyatakan gugur,” ungkap Kepala Sub Bagian Rencana Formasi dan Pengadaan Kementerian Kehutanan, Hany Setiawan.

Pelamar yang telah sukses mendaftar tidak bisa langsung mengikuti tes CPNS karena harus melalui seleksi administrasi terlebih dahulu. Sehingga kesempatan bagi yang telah sukses mendaftar dan lulus seleksi administrasi harus digunakan sebaik mungkin dengan mematuhi aturan main penerimaan CPNS pada instansi terkait. Karena tidak sedikit pelamar yang gagal mendaftar pada instansi yang dipilihnya dengan berbagai alasan, begitupun dengan pelamar yang harus gagal pada tahap seleksi administrasi dan tidak bisa mengikuti tes CPNS.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: