Pertanyaan Dominan Saat Pendaftaran CPNS


By | 19.00 Leave a Comment
asncpns.com - Pendaftaran secara online setiap harinya diwarnai dengan kendala yang tidak kunjung usai dari setiap pelamar dan membutuhkan jawaban atau penyelesaian yang cepat. Bahkan tidak sedikit kendala yang ditimbulkan karena kurangnya ketelitian dan kecermatan disaat akan mendaftar sehingga merugikan diri sendiri. Sampai saat ini pendaftaran masih berlangsung di beberapa instansi dan sebagian ada yang telah menutup pendaftarannya dan melaksanakan Tes Kompetensi Dasar menggunakan sistem CAT. Pengaduan dari pelamar bermacam-macam dan setiap harinya masuk sekitar 17 ribu pengaduan ke panselnas, dari pengaduan tersebut di verifikasi terlebih dahulu untuk menilai kebenaran format pengaduan.

Pertanyaan Dominan Saat Pendaftaran CPNS

Terdapat 10 kendala atau pertanyaan yang sering terjadi pada saat pendaftaran CPNS online, dari setiap pertanyaan tersebut ada yang bisa di proses dan ada yang sama sekali tidak bisa diproses. Pengaduan yang akan di proses oleh panselnas adalah pengaduan dengan format yang benar dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Pengaduan yang diawali dengan subjek yang salah maka akan di anggap salah dan tidak akan di proses.

Permasalahan yang tidak dapat di proses diantaranya adalah lupa password, memasukkan alamat email yang salah, pindah instansi dan persyaratan yang tidak sesuai setelah berhasil mendaftar pada portal nasional. “Karena itu kecermatan pelamar sangat penting dan menentukan,” jelas Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Herman Suryatman. Semua penyelesaian mengenai kendala yang dihadapi oleh pelamar saat mendaftar online bisa dipahami pada http://www.asncpns.com/2014/09/macam-macam-solusi-dan-penyelesaian.html.

Selama pendaftaran belum ditutup maka pengaduan akan sering datang terutama untuk pelamar yang tidak memahami atau mengetahui alur serta peraturan pendaftaran secara detail. Dari awal pembukaan pendaftaran sampai saat ini pengaduan yang masuk ke panselnas melalui email sudah mencapai 200 ribu lebih dengan persentase 9% dari jumlah pelamar sebanyak 2,2 juta lebih. Namun sayangnya ketelitian dari pelamar sangat rendah sehingga pengaduan yang sesuai dengan format dan permasalahan disebabkan oleh sistem hanya 16 ribu saja, sisanya tidak menyampaikan pengaduan dengan format yang benar dengan permasalahan karena kesalahan sendiri atau kurang cermat.

Untuk pelamar yang berhasil mendaftar dan telah mendapatkan kartu peserta harus menggunakan kesempatan dengan baik, tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi yang diselenggarakan oleh masing-masing instansi. Setelah dinyatakan lulus maka akan mengikuti tes CPNS menggunakan sistem CAT, disini pelamar tetap harus cermat dan teliti karena selain persaingan yang ketat juga harus memerhatikan aturan pelaksanaan tes. Telat satu menit memasuki ruang tes bisa dinyatakan gugur. Untuk mempersiapkan pengetahuan serta materi pembelajaran Tes Kompetensi Dasar bisa mempelajari Paket LKIT 2014.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: