TKD Seluruh Instansi Langsung Dimonitori Panselnas


By | 19.44 Leave a Comment
asncpns.com - Panitia seleksi nasional (Panselnas) mengawasi secara langsung pelaksanaan tes CPNS menggunakan CAT di seluruh instansi melalui monitor yang tersedia. Instansi tidak bisa memanipulasi data hasil tes pelamar, setiap komputer peserta telah dirancang menggunakan sistem online sehingga bisa terdeteksi oleh monitor Panselnas. Mulai dari waktu pelaksanaan, tempat, nama sampai hasil tes semua bisa diketahui secara langsung. Tidak ada celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab untuk berlaku curang.

TKD Seluruh Instansi Langsung Dimonitori Panselnas
Credit Image to www.kemendag.go.id

Pelaksanaan tes secara transparan ini diharapkan bisa menjaring peserta yang benar-benar berintegritas dan memiliki kompetensi yang tinggi. Menjadi pegawai negeri sipil bukan hanya hasrat ingin mendapatkan kesejahteraan saja tapi harus sebanding dengan kinerja yang dilakukan. Kejujuran menjadi kunci utama yang sudah diterapkan dalam penerimaan CPNS mulai dari pendaftaran sampai tahap tes sehingga sudah terlatih mulai dari awal tahap penerimaan.

“Tes CAT di pelosok Indonesia dimonitor langsung oleh panselnas. CAT CPNS sudah didesain Panselnas bisa dipantau secara online,” jelas FX Arunanto, tim Quality Assurance (QA) Panselnas. Kapanpun dan dimanapun peserta melaksanakan tes bisa langsung terpantau hasilnya, sebelum instansi yang bersangkutan melaporkan hasil, Panselnas sudah memiliki data terlebih dahulu tepat setelah peserta selesai melaksanakan tes. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi peserta karena tidak ada celah untuk berlaku curang. Satu tahap lagi yang memerlukan transparansi adalah pemeringkatan hasil tes oleh instansi, meskipun menjadi kewenangan setiap instansi tapi panselnas tetap akan memonitori melalui rekapan data yang dimiliki.

Pendaftaran dan pelaksanaan tes yang tidak serentak berdampak pada pengumuman hasil kelulusan yang tidak serentak juga. Hasil atau skor tinggi yang di dapatkan dari Tes Kompetensi Dasar menggunakan sistem CAT belum menentukan kelulusan peserta, karena meskipun skor tinggi namun salah satu komponen soal tidak memenuhi passing grade tidak bisa dinyatakan lulus. Peserta harus tetap berhati-hati serta mencermati setiap soal yang dikerjakan. Sebagai panduan untuk mempelajari soal tes CPNS bisa mengakses http://www.paketlkit.com

Contoh kasus pengawasan langsung hasil tes oleh panselnas adalah jika seorang peserta melaksanan tes di Papua selesai pada jam 10.00 WIT dan mendapat skor 400, maka pada waktu itu pula Panselnas mengetahui hasilnya. Sebelum tim dari Papua menyerahkan hasilnya, Panselnas sudah tahu lebih awal. Begitupun meski di Kejaksaan Agung tes dilaksanakan di 33 provinsi, Panselnas akan mengetahui waktu mulainya peserta mengerjakan tes sampai jam selesai mengerjakan tes sampai hasilnya.

Peserta tidak perlu bimbang jika hasil tes nya di akan dimanipulasi, meskipun tes di daerah semua hasil akan diawasi oleh panselnas dan tidak bisa dirubah. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa penerimaan CPNS itu adil, gratis dan bebas KKN.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: