Hasil Kelulusan CPNS 2014 Tidak Serentak


By | 23.56 Leave a Comment
asncpns.com - Kelulusan atau pengumuman dari hasil tes CPNS tidak akan serentak, hal ini merupakan dampak dari pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar menggunakan CAT yang tidak serentak juga. Ditambah pendaftaran CPNS di setiap instansi dilaksanakan secara bertahap dan sampai saat ini masih ada yang belum membuka pendaftarannya. Meskipun begitu pelaksanaan tes CPNS tetap berjalan sesuai kesanggupan dari masing-masing instansi, dan telah dimulai sejak 22 September kemarin yang diawali oleh 3 instansi pemerintah pusat yaitu Kementerian Kehutanan, Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) dan Kementerian Perdagangan.

Hasil CPNS 2014 Tidak Serentak

Instansi yang melaksanakan tes terlebih dahulu maka akan mengumumkan kelulusan lebih awal juga, sedangkan yang melaksanakan tes terkahir maka saat pengumuman pun menjadi terakhir begitupun seterusnya. Seperti yang dijelaskan oleh Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian PAN RB, “Sebab ujiannya saja juga tidak berlangsung serentak.”

Ujian tidak serentak memberikan dampak positif untuk seleksi CPNS tahun ini karena tempat untuk melaksanakan tes bisa digunakan secara bergantian. Seperti yang telah diketahui bahwa penerimaan CPNS 2014 wajib menggunakan sistem CAT untuk seluruh instansi. Peserta bisa mengetahui nilai yang didapatkan secara langsung dari tes tersebut apakah memenuhi passing grade atau tidak, jika tidak memenuhi passing grade maka bisa dipastikan gugur dalam ujian tersebut. Namun jangan dulu berbangga hati jika bisa melebihi passing grade karena belum tentu lulus menjadi CPNS.

Sistem CAT menjadi langkah yang tepat mengingat tingginya antusiasme masyarakat untuk menjadi abdi Negara sangat besar dapat terlihat dari banyaknya pendaftar secara online yang menembus angka 2,2 juta lebih, sedangkan lowongan CPNS yang tersedia hanya 65 ribu saja yang terdiri dari 25 ribu untuk intansi pusat dan 40 ribu untuk daerah. Dengan sistem CAT diyakini akan terhindar dari praktek KKN atau berlaku curang. Setiap soal yang diberikan kepada peserta langsung dijawab menggunakan komputer, komputer tersebut telah tersambung dengan server pusat sehingga jawaban bisa langsung diperiksa oleh sistem komputer dengan hasil yang cepat. Tidak ada campur tangan dari pihak lain baik mahasiswa ataupun panitia penyelenggara sehingga pelaksanaan berjalan secara transparan.

Satu lagi tahapan yang perlu di waspadai agar terhindar dari kecurangan atau pandangan negative dari peserta adalah proses pemeringkatan. Diharapkan proses ini bisa berjalan transparan sehingga peserta bisa mengetahui peringkatnya apakah berada di urutan paling atas, tengah atau bahkan berada di bawah. Penetapan kelulusan pun menjadi kewenangan dari masing-masing instansi pemerintah, namun panselnas memiliki rekapan atau copy nya sehingga jika terjadi kecurangan dalam pemeringkatan hasil ujian maka akan bisa diketahui langsung oleh panitia seleksi nasional.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: