CPNS Jangan Jadi Benalu Instansi


By | 23.12 Leave a Comment
asncpns.com - CPNS yang telah dinyatakan lulus seleksi tes CPNS tahun 2014 jangan menjadi benalu di intansi tempat kerja nantinya. Dalam hal ini para pegawai harus mengemban tanggung jawabnya dengan baik, sebagaimana tugas yang telah diberikan oleh instansi. Apalagi usaha keras sejak awal penerimaan CPNS harus menjadi landasan bahwa untuk menjadi seorang abdi negara tidaklah mudah. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti kepada seluruh pegawai CPNS yang dinyatakan lulus tes CPNS di lingkungan BKN.

CPNS Jangan Jadi Benalu Instansi

“Setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun PNS janganlah menjadi parasit bagi organisasi Instansi Pemerintah,” ungkap Usman. Penyalahgunaan wewenang harus dijauhkan dari sifat para pegawai sejak dini. Terlebih setelah menjadi CPNS, masing-masing harus lebih hati-hati dalam bekerja dan menunjukkan optimalisasi kerja karena masih ada kemungkinan jika dalam pelaksanaan tugas tidak maksimal bisa gugur dan tidak menjadi PNS. Instansi memiliki penilaian tersendiri akan setiap pegawainya yang akan diangkat menjadi PNS nantinya.

Jika ditemukan penyalahgunaan wewenang di kalangan CPNS maka akan diberlakukan sanksi tegas. CPNS merupakan gerbang awal untuk bisa berkontribusi kepada negara dengan baik, oleh karena itu kesempatan ini harus digunakan dengan sebaik mungkin. Caranya adalah dengan melakukan kinerja sesuai dengan aturan dan melayani masyarakat dengan optimal.

Beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan kelulusan CPNS di lingkungannya, dan peserta yang lulus adalah sebanyak 43 orang. Saat ini peserta CPNS yang lulus telah mamasuki tahap pemberkasan data, masih ada kemungkinan untuk tidak lulus karena meskipun lulus namun terdapat data yang tidak sesuai dengan aturan maka akan batal diangkat menjadi CPNS BKN. Seleksi pada tahap ini dilakukan secara ketat dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pemberkasan merupakan salah satu rangkaian tahap seleksi CPNS dan di setiap instansi adalah sama.

Terkait dengan pengumuman kelulusan CPNS 2014, terjadi keterlambatan pengumuman oleh instansi meski data hasil tes telah di verifikasi oleh panselnas secara keseluruhan. Keterlambatan ini disebabkan oleh berbagai alasan dan salah satunya adalah adanya afirmasi jabatan di beberapa instansi. Namun meskipun begitu tidak perlu ada kekhawatiran dari para peserta karena jika terdapat manipulasi data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di instansi, maka kecurangan tersebut akan dikenali oleh panselnas. Karena tes yang dilaksanakan telah menggunakan sistem CAT yang bersifat transparan, begitupun dengan hasilnya. Tidak hanya instansi yang memiliki hasil tes kelulusan tetapi juga panselnas.

Setelah pemberkasan tahap selanjutnya adalah pengangkatan CPNS dan penetapan NIP oleh BKN. Secara keseluruhan untuk penetapan NIP oleh BKN tidak membutuhkan waktu yang lama namun tergantung pada masing-masing instansi, jika mengajukan lebih cepat maka penetapan akan lebih cepat pula.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: