Sarjana Berebut Kursi CPNS, Pengangguran Makin Menumpuk!


By | 20.05 Leave a Comment
CPNS
asncpns.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi profesi primadona di Indonesia. Ini dibuktikan dengan diburunya kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh 11.350 sarjana jobless di Sulawesi Utara yang bergelar strata satu (S1). Jumlah ini akan terus bertambah karena beberapa universitas di Sulawesi Utara seperti Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Negeri Manado (Unima) beberapa bulan lalu sudah meluluskan sejumlah mahasiswanya.

Dengan terbatasnya kuota CPNS yang terbatas, maka lulusan sarjana (S1) dan diploma (D2 dan D3) ini akan bersaing ketat. Banyaknya peminat ini karena menjadi PNS bisa menjamin hidup hingga akhir hayat. “Hidup terjamin kalau sudah jadi CPNS. Selain gajinya lumayan, kita juga dapat jaminan seumur hidup,” ungkap Steven.

Angka ini akan bertambah karena setiap tahun universitas-universitas di Sulut mencetak 2000 lebih sarjana. Misalnya Unima, setiap tahun melahirkan sekira 2.400 sarjana. Begitupun dengan Unsrat yang hampir 2.000 sarjana tiap tahun.

Dosen Fakultas Hukum (FH) Unsrat Flora Kalalo menyatakan bahwa, setiap tahun Unsrat melahirkan sekira 300-an sarjana hukum namun yang diterima di Kejaksaan Tinggi (Kejati) hanya dua sarjana. Menurutnya agar tidak menganggur, fakultasnya meminta agar ada kerjasama khususnya antara Pengadilan Tinggi (PT) dengan institusi pendidikan.

Keadaan ini akan semakin parah jika disetiap daerah para sarjana ini hanya berebutan jatah kursi CPNS yang terbatas. Jumlah mereka akan semakin menumpuk, karena jumlah kuota tiap tahunnya tidak akan cukup menampung mereka semua.

Di Provinsi Sulawesi Utara sendiri yang mengirimkan usulan formasi CPNS baru empat daerah yaitu Kotamobagu, Minahasa Selatan (Mnahasa Selatan), Bolaang Mongondow Selatan (Bonsel), dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim).Sementara itu daerah lainnya masih berkutat dengan Analisa Jabatan (ANJAB) dan Analisa Beban Kerja.

Pemerintah tahun ini telah mengusulkan sebanyak 134 ribu formasi CPNS 2015 termasuk 30 ribu formasi untuk honorer. Kami rekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2015 bagi anda yang akan mengikuti tes CPNS 2015 sebagai mater pembelajaran terbaik.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: