Pengangkatan CPNS Kewenangan Pemerintah Pusat


By | 02.40 Leave a Comment
Penerimaan CPNS 2016 Bergantung Keputusan Pemerintah Pusat

asncpns.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Surakarta atau disebut juga Kota Solo Provinsi Jawa Tengah masih belum mendapat kepastian mengenai pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016. Mengakibatkan nasib tenaga honorer kategori dua (K2) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sebanyak 509 orang masih tidak jelas.

Lancer S. Naibaho selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan BKD Pemkot Surtakarta memaparkan, belum ada informasi resmi dari pusat sehingga untuk saat ini belum bisa memberikan kepastian terkait pengangkatan honorer K2. "Sampai kini belum ada pemberitahuan resmi mengenai pengangkatan honorer K2, untuk itu kami juga belum bisa memberikan keterangan banyak seputar hal tersebut," kata Lancer kepada wartawan di Solo, hari Rabu (20/01/2016).

Lancer mengatakan bahwa pengangkatan menjadi CPNS merupakan kewenangan pemerintah pusat, sehingga dirinya tidak bisa berbuat banyak. Dirinya hanya menurut pada keputusan dari pusat. Selain itu, dirinya berharap agar pemerintah pusat segera memberikan kepastian karena usia honorer K2 rata-rata sudah berusia tua. "Kalau bisa pengangkatan honorer K2 ini juga tidak perlu lagi melalui tes," harapnya.

Sementara mengenai penerimaan CPNS, dirinya mengatakan bahwa sebelumnya pemkot telah mengusulkan tambahan 1.500 pegawai ke kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (KemenPAN-RB). Selain itu, BKD Pemkot Surakarta juga masih menunggu keputusan resmi dari KemenPAN-RB kemungkinan penerimaan CPNS melalui jalur umum.

Dirinya memaparkan bahwa sesuai mekanisme pengusulan formasi CPNS, KemenPAN-RB akan melihat terlebih dahulu kemampuan keuangan daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Setelah itu, dilihat dari analisis beban kerja (ABK), Kemenpan-RB selanjutnya memutuskan beberapa usulan yang diterima. Namun, sampai saat ini belum ada informasi jawaban dari beberapa usulan formasi pegawai yang diterima.

Dirinya mengatakan kekurangan pegawai di Pemkot Surakarta disebabkan ada ASN pensiun yang setiap tahunnya rata-rata mencapai 300 orang. Di tahun 2016 ini diperkirakan ASN yang akan memasuki masa purnabakti sebanyak 600 orang. Pemkot Surakarta sampai saat ini masih kekurangan pegawai yang didominasi dari bidang tenaga pendidik dan kesehatan. "Ya untuk kebutuhan rekrutmen CPNS, Pemkot menganggarkan dana Rp600 juta dalam APBD 2016. Dana itu kami pasang kalau sewaktu-waktu ada bukaan rekrutmen CPNS," tutupnya.

Apabila KemenPAN-RB telah memberi keputusan resmi terkait penerimaan CPNS jalur umum, secara serentak penerimaan CPNS tahun 2016 telah resmi dibuka. Sudah siapkan anda menghadapi tes seleksi CPNS mendatang???
Segera persiapkan diri sedini mungkin tuk lolos dari seleksi CPNS yang tentunya harus bersaing dengan ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu penduduk Indonesia yang ingin merebut posisi PNS. Kami rekomendasikan anda mempelajari Paket LKIT sebagai sumber bahan pembelajaran materi CPNS terbaik, yang telah membantu meloloskan 3000 CPNS murni.

Seperti pepatah mengatakan "Sedia payung sebelum hujan", begitupun dengan anda yang berminat menjadi PNS segera persiapkan diri sebelum berperang melawan pesaing lainnya saat tes seleksi CPNS dengan mempelajari Paket LKIT, Paket Suplemen, Paket TKB dan Bank Soal CAT CPNS segera!!!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: