ASN Bekerja Sesuai Aturan? Ketinggalan Zaman!


By | 18.15 Leave a Comment
Aparatur Sipil Negara

asncpns.com - Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) menjelaskan bahwa di era kompetisi yang menuntut birokrasi agar lebih responsif, adaptif dan antisipatif, sangat dibutuhkan reformasi birokrasi. Sudah bukan zamannya lagi aparatur negara bekerja hanya berdasarkan aturan, aparatur dituntut untuk lebih inovatif.

"Kita berada pada era kompetisi, era reformasi menutut perubahan, penyesuaian yang cepat, dan bergerak ke arah perubahan yang lebih baik. Birokrasi dituntut untuk lebih cepat tanggap menuju percepatan implementasi tata kelola pemerintahan yang lebih baik, itu mutlak. Kita saat ini bekerja menghadapi persaingan," ungkap MenPAN-RB.

Aparatur negara mau tak mau dituntut untuk lebih inovatif, adaptif, dan antisipatif menghadapi persaingan, mengingat bahwa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah bergulir sejak akhir tahun lalu, ditambah lagi dengan tuntutan global dengan perubahannya yang begitu cepat yang menuntut tata kelola pemerintahan menuju " good and clean gouvernemnt."

"Oleh karena itu, perlu adanya penguatan pemerintahan, perlu ada pemerintah yang akuntabel, taat kepada aturan, berorientasi pada hasil, pemerintahan yang mampu bersaing, mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggarannya," ujar Menteri Yuddy.

Aparatur Negara juga dituntut untuk menigkatkan kapasitas, kapabilitas dan profesionalisme untuk memberikan kontribusi kinerja yang bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik. "Sudah bukan saatnya aparatur negara bekerja hanya berdasarkan aturan, melainkan harus inovatif dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman," tutup Yuddy.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: