Kabupaten Pamekasan Kekurangan 750 Guru SD


By | 02.02 Leave a Comment
Kekurangan Guru SD di Pamekasan

asncpns.com - Banyaknya tenaga pendidik (guru) sekolah dasar (SD) berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa purnabakti alias pensiun pada tahun ini, membuat Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur harus mengalami kekurangan guru SD dalam jumlah yang sangat banyak yaitu ratusan guru PNS.

Moch. Tarsun selaku pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan menyatakan bahwa saat ini tenaga guru yang berkurang sudah mencapai 750 orang. Selain itu, pihak Disdik merasa tidak terganggu dengan dampak yang ditimbulkan dari kekurangan guru PNS di SD Kabupaten Pamekasan. Hal ini disebabkan, pihak Disdik tetap mengupayakan proses belajar mengajar di sekolah SD tersebut.

Tarsun menambahkan, kekurangan guru di SD Kabupaten Pamekasan tidak hanya pada satu bidang mata pelajaran saja, melainkan juga di segala bidang. “Kekurangan guru tersebut berada di segala bidang, baik guru umum ataupun guru agama. Kalau sekarang saja sudah kurang 750 guru, kemungkinan besar hingga akhir tahun nanti bisa sampai seribu guru,” kata Tarsun, seperti dikutip dari Okezone, hari Rabu (10/02/2016).

Selain itu, dirinya mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengharapkan pengangkatan guru honorer Kategori 2 (K2) menjadi PNS untuk mengatasi kekurangan guru SD tersebut dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dirinya menyebutkan, sampai sekarang masih belum ada kejelasan dari KemenPAN-RB mengenai pengangkatan guru PNS. Padahal, menurutnya rata-rata setiap bulan mencapai 20 orang guru yang memasuki masa purnabakti.

Dengan adanya kekurangan tenaga pendidik SD di Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pamekasan benar-benar membutuhkan tenaga pendidik baru. Dengan begitu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan melist kebutuhan pegawainya dan mengusulkan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerahnya, sebagai upaya mengatasi masalah kekurangan PNS daerahnya.

Seperti yang diketahui, meski moratorium CPNS atau penghentian sementara penerimaan CPNS masih berlaku sampai 2019 nanti, penerimaan CPNS 2016 tetap akan berlangsung di formasi terbatas yaitu tenaga guru, tenaga pendidik, tenaga penegak hukum dan lulusan sekolah ikatan dinas. Bagi anda yang ingin menjadi bagian dari PNS, segera persiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari materi CPNS terbaik menggunakan Paket LKIT.

Untuk mengikuti tes seleksi CPNS tahun 2016, masih menggunakan sistem CAT dengan pengerjaan soal tes kompetensi dasar (TKD) yang terbagi atas 100 butir soal dan dalam waktu pengerjaan 90 menit. Soal itu terbagi atas:
  1.  35 soal TKP (tes karakteristik pribadi) dengan passing grade 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP, 
  2. 30 soal TIU (tes intelegensi umum) dengan passing grade 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU, 
  3. 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) dengan passing grade 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK. Bagi anda yang ingin melihat contoh soal CPNS 2016, bisa dilihat di artikel ini
Atau yang ingin mengetahui seputar pertanyaan terkait CPNS bisa dilihat dalam artikel disini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: