Pemda Manado Harapkan PNS Baru


By | 23.18 Leave a Comment
Harapan PNS Baru di Manado

asncpns.com- Perasaan harap-harap cemas tengah dialami oleh beberapa pemerintah daerah (Pemda). Termasuk salah satunya Pemda Manado, yang hingga saat ini belum menerima informasi resmi terkait penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) dari pemerintah pusat. Ditambah dengan beberapa PNS yang ada di lingkungan Pemda Manado akan dipensiunkan.

Steven Wakkary selaku Kepala Badan Kepegawaian Manado mengatakan bahwa sebanyak 600 orang akan dipensiunkan selama dua tahun berjalan ini. "Memang kami sementara melakukan infentarisir pegawai fungsional dan struktural. Jumlahnya seperti tadi, 300 orang fungsional, dan 300 orang struktural yang akan pensiun," jelas Wakkary. kari Sabtu (19/03/2016)

Wakkary menambahkan, dirinya sudah mengajukan permohonan penerimaan CPNS kepada menteri dalam negeri (Mendagri). Namun, belum juga direspon sampai saat ini. Jelasnya, hal ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri untuk Pemkot Manado.

Dirinya menyebutkan, agar pelayanan pemerintah terhadap masyarakat tidak terganggu diharapkan ada tenaga muda baru secepatnya, sebagai pengganti PNS yang pensiun."Saya juga sangat berharap bantuan dari BKD Provinsi untuk pengajuan permohonan ini. Sedangkan pegwai banyak masih ada saja masalah, apalagi kalau kurang," tutur Wakkary.

Seperti yang diketahui,  kebijakan moratorium CPNS berupa penghentian sementara penerimaan PNS baru dan juga kebijakan rasionalisasi PNS berupa pemangkasan pegawai atau pensiun dini. Kedua kebijakan ini dimaksudkan pemerintah untuk bisa mengurangi jumlah PNS yang saat ini sudah mencapai 4.5 juta orang, untuk bisa menghemat angaran biaya negara dan mendapatkan PNS yang berkualitas.

MenPAN Yuddy menyebutkan akan menargetkan rasionalisasi PNS hingga tahun 2019 sebanyak 1 juta pegawai dari jumlah PNS saat ini yang mencapai 4,517 juta. Selain itu, maksud dari adanya pengurangan pegawai ini jangan disalah artikan kalau PNS yang ada akan diberhentikan tiba-tiba, melainkan bila sejumlah PNS yang aktif pensiun, akan digantikan dengan PNS yang baru sebanyak dibawah angka jumlah PNS yang pensiun.

Meski moratorium tetap berlaku, penerimaan CPNS tetap akan dilaksanakan untuk formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga penegak hukum dan sekolah ikatan dinas. Dalam penerimaan PNS yang baru ini, tentunya harus yang memiliki kualifikasi dan kompetensi lebih tinggi. Sehingga kualitas PNS di Indonesia akan meningkat. Dengan begitu, bagi peminat PNS harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes seleksi penerimaan CPNS, dengan mempelajari materi CPNS terbaik yang bisa dibantu Paket LKIT tuk menguasai materi CPNS lebih mendalam lagi.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: