Bidan PTT di Kalbar akan Diangkat PNS


By | 00.53 Leave a Comment
Bidan PTT Kalbar Usia 35 Tahun Keatas akan diangkat PNS

asncpns.com- Kabar gembira bagi bidan pegawai tidak tetap (PTT) yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar). Pasalnya, tenaga bidan PTT di Pemprov Kalbar akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi IX dewan perwakilan rakyat (DPR).

Yusniati selaku anggota Komisi IX  DPR menyampaikan bahwa berdasarkan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Ikatan Bidang Indonesia (IBI), akan mengangkat sebanyak 25 dari 685 orang bidan pegawai tidak tetap (PTT), berusia 35 tahun ke atas di Kalbar secara bertahap. “Saya sudah menyampaikan 25 nama-nama teman-teman bidan PTT itu kepada Ibu Sekjen IBI Pusat, Selasa (15/3) dini hari lalu, untuk dibawa ke Raker dengan Komisi IX DPR RI,” tutur Yusniati kepada wartawan, hari Sabtu (19/03/2016).

Yusniati menambahkan bahwa di Kabupaten Sintang, dari 25 bidan, kini tercatat masih tersisa 24 orang karena ada satu orang yang telah meninggal . “Menurut IBI Pusat, pengangkatan secara bertahap yang dimulai untuk usia 35 tahun ke atas. Insyaa Allah, lainnya juga bisa jadi PNS pada proses lanjutan,” papar Yusniati.

Dirinya mengakui, setelah kontraknya selama 9 tahun selesai, nasibnya seakan tidak jelas. Pasalnya, selama ini ribuan bidan PTT yang mengabdikan dirinya di Kalbar sangat kurang diperhatikan fasilitasnya.

Lanjutnya, masih ada banyak bidan-bidan lulusan akademi kebidanan (Akbid) yang tidak diberdayakan di tengah kekurangan tenaga bidan di Kalbar. Lulusan bidan itu berasal dari Akbid Kalbar, Akbid Muhammadiyah dan pendidikan lokal lainnya. Ditambahkannya, pengangkatan PNS dari bidan PTT ini melalui jalur khusus atau tanpa tes

Bagi anda yang ingin mewujudkan mimpi menjadi seorang PNS, segera persiapkan diri dengan memperbanyak belajar materi tes kompetensi dasar (TKD) CPNS, yang terdiri dari TKP (tes karakteristik pribadi), TIU (tes intelegensi umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) yang bisa merujuk pada Paket LKIT.

Selain itu, untuk tes kompetensi bidang (TKB) kesehatan bisa mempelajari Paket LKIT seperti TKB Kebidanan, TKB Keperawatan sampai TKB Kedokteran yang sudah meloloskan 3000 CPNS murni.

Berikut adalah contoh Format Soal Kebidanan yang ada dalam Paket LKIT TKB Kebidanan:

1. Rujukan pelayanan laboraturium yang benar adalah
A. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
B. Bidan – Lab PKM – Lab BP4 – Lab RS kls A – Lab RS kls B – Lab RS kls C
C. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4
D. Bidan – Lab BP4 – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A
E. Bidan – Lab PKM – Lab RS kls C – Lab RS kls B – Lab RS kls A – Lab BP4 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: