Pemkab Sintang Kekurangan Guru PNS


By | 06.50 Leave a Comment
Guru PNS di Sintang Kurang

asncpns.com- Moratorium calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih terus berlanjut hingga masa Pemerintahan Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla berakhir (2014-2015). Hal ini menyebabkan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kekurangan pegawai negeri. Salah satunya terjadi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.

Marcheus Afen sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Kadisdikbud) Sintang mengakui bahwa kekurangan jumlah guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) ini masih menjadi persoalan. Dilanjutkannya, memprediksi kondisi tersebut akan berlanjut hingga 2021. "Jadi sampai tahun 2021 nanti, Kabupaten Sintang masih kekurangan guru PNS," kata Marcheus, hari Minggu (13/3/2016) pagi.

Dijelaskan Marcheus, total guru sekolah negeri baik satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) di Sintang berjumlah 5.393 orang. Hal ini didapatkannya dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tahun 2015. "Total terdiri dari Guru PNS sebanyak 3.306 orang, Guru kontrak 524 orang. Sisanya Guru Tidak Tetap 1.563 orang," terangnya.

Dirinya mengatakan bahwa dengan adanya guru tidak tetap (GTT) bisa mengantisipasi sementara kekurangan guru. Ditambahkannya, arus masuk-keluar GTT begitu besar. Terlebih jika dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak mencukupi pembayaran gaji. "Sementara ya diatasi para Kepala Sekolah dengan mengangkat guru honorer yang selama ini belum diakui pemerintah," jelasnya.

Seperti yang diketahui, meski moratorium CPNS atau penghentian sementara penerimaan CPNS masih berlaku sampai 2019 nanti, penerimaan CPNS 2016 tetap akan berlangsung di formasi terbatas yaitu tenaga guru, tenaga pendidik, tenaga penegak hukum dan lulusan sekolah ikatan dinas. Bagi anda yang ingin menjadi bagian dari PNS, segera persiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari materi CPNS terbaik menggunakan Paket LKIT.

Untuk mengikuti tes seleksi CPNS tahun 2016, masih menggunakan sistem CAT dengan pengerjaan soal tes kompetensi dasar (TKD) yang terbagi atas 100 butir soal dan dalam waktu pengerjaan 90 menit. Soal itu terbagi atas:

  1.  35 soal TKP (tes karakteristik pribadi) dengan passing grade 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP, 
  2. 30 soal TIU (tes intelegensi umum) dengan passing grade 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU, 
  3. 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) dengan passing grade 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK. Bagi anda yang ingin melihat contoh soal CPNS 2016, bisa dilihat di artikel ini
Atau yang ingin mengetahui seputar pertanyaan terkait CPNS bisa dilihat dalam artikel disini
Berikut ini adalah salah satu soal yang terdapat pada Paket LKIT dalam tes kompetensi bidang (TKB) Keguruan:

1. Bapak Kirmanto adalah seorang guru Matematika yang sangat faham terhadap apa yang akan dia ajarkan terhadap siswa didiknya dalam bidang studi pelajarannya, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan….
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Professional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
Informasi selengkapnya mengenai Paket TKB Keguruan bisa anda akses di link ini


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: