Jadwal CPNS Segera Diumumkan Dalam Waktu Dekat


By | 20.48 1 comment
CPNS 2016
asncpns.com - Profesi abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi primadona generasi muda maupun para pencari kerja saat ini. Biasanya setiap tahun selalu saja ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (KemenPANRB) yang memegang wewenang dalam penerimaan seleksi CPNS. Jika merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan tes CPNS biasanya diselenggarakan pada akhir tahun yaitu sekitar bulan september dan oktober, akan tetapi untuk tahun ini masih menunggu jadwal pengumuman resmi.

Pada tahun 2015, para pencari kerja harus menelan pil pahit dengan adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu moratorium CPNS. Tujuan kebijakan ini adalah menghentikan penerimaan untuk sementara untuk mendapatkan target ideal PNS sebanyak 1,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Dengan kata lain, moratorium ini adalah untuk merampingkan rasio antara PNS dan jumlah penduduk yang ada saat ini. Cara yang ditempuh adalah dengan negative to zero growth, sistem ini adalah PNS yang keluar atau meninggal harus sama dengan PNS yang direkrut dalam segi jumlah. Selain cara ini, pemerintah juga melakukan perampingan di sekolah kedinasan. Contohnya, jika biasanya IPDN menerima 1000 orang maka jumlah tersebut akan diperkecil jumlahnya.


Meski terjadi perampingan, pemerintah menegaskan akan memperbaiki kinerja PNS. "Yang sesuai UU itu yang berintegritas, berdisiplin, berpendidikan, profesional, kompeten, inovatif. Bisa mengakses komputer, cakap berbahasa dan komunikasi, disiplin tinggi, harus dibenahi dan dirasionalisasi," jelas dia.

Moratorium ini tidak lantas pemerintah menutup seluruh akses penerimaan CPNS,  untuk beberapa formasi pemerintah masih memberikan ruang terbuka untuk penerimaan CPNS, contohnya adalah pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum, penyuluh ekonomi, ada pertanian, peternakan, perikanan. "Moratorium kecuali pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum, penyuluh ekonomi, ada pertanian, peternakan, perikanan," ungkap Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi beberapa waktu lalu.

Jadwal dan Formasi CPNS

Herman suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB menyatakan bahwa beberapa formasi yang masih dibuka dan tidak kena moratorium adalah tenaga pendidik dan tenaga medis. "Jadi untuk guru, tenaga kesehatan dan jabatan fungsi tertentu yang benar-benar dibutuhkan‎ masih dibuka," ungkap Herman Senin (18/4/2016), seperti kami kutip dari Liputan 6.

Proses rekrutmen nanti akan dilaksanakan seseuai dengan mekanisme seperti biasanya, dengan jadwal dan seleksi yang akan diumumkan ke publik. "Saat ini instansi‎ sudah mengajukan jumlah dan formasi ke Kementerian PANRB. Nanti Pak Menteri yang menetapkan jadwal," tambahnya.

Batas pengajuan e-Formasi

Pemerintah telah menetapkan batas pengajuan e-Formasi yang ditetapkan pada bulan april 2016, dengan kata lain pemerintah daerah masih mempunyai waktu sebanyak 10 untuk melakukan pengajuan e-Formasi. Oleh karena itu KemenPANRB menghibau kepada seluruh PNS untuk segera menyelesaikan pengisian e-Formasi.
 
Subowo Djoko Widodo selaku Asisten Deputi Perencanaan dan Sistem Informasi SDM Aparatur Kementerian PANRB menegaskan bahwa jika sampai batas akhir pengisian e-Formasi tersebut ada daerah yang belum menyelesaikan pengisian e-formasi atau masih dibawah 50 %, maka sudah dipastikan daerah tersebut tidak akan mendapatkan formasi CPNS 2016. “Batas waktu pengisian e-formasi hingga akhir April 2016,” ungkapnya.

KemenPANRB beberapa waktu lalu telah melakukan rapat koordinasi dengan pemda yang belum menyelesaikan pengisian e-formasi atau masih dibawah 50%. Rapat ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terhambatnya daerah tersebut dalam melakukan pengisian dan sebagai pendorong pemda untuk segera menyelesaikannya. Sebagian besar pemda mengeluhkan masalah jaringan internet yang ada di daerahnya.

Bocoran Formasi

Formasi yang akan dibuka untuk CPNS tahun 2016 ini belum bisa dipastikan apa saja yang akan dibuka oleh KemenPANRB. Herman Suryatman menyatakan bahwa pihaknya masih menggodok berapa formasi yang akan diseleksi. Namun herman mengungkapkan bahwa untuk tahun ini formasi yang dibuka untuk posisi tertentu saja yang berhubungan dengan tenaga pendidik, seperti guru; serta tenaga kesehatan layaknya perawat, dokter, dan lain sebagainya. "Kemungkinan guru, tenaga kesehatan dan jabatan fungsi tertentu yang benar-benar dibutuhkan‎," ungkap Herman.

Namun proses penelaahan ini belum pasti kapan selesai dilakukan karena masih membutuhkan waktu. Jika prose ini sudah selesai, baru penetapan akan dilakukan oleh KemePANRB."Saat ini usulan formasi dari instansi sudah, sedang dilakukan penelaahan oleh Kemenpan untuk selanjutnya ditetapkan‎," papar dia. Namun, Herman belum bisa memastikan kapan proses penelaahan itu akan dituntaskan. "Tunggu saja ya," tutup dia.

Bebas KKN

Sistem penerimaan CPNS selalu saja diselimuti oleh sistem yang tidak adil yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan wewenangnya. Penyalahgunaan wewenang itu kita kenal dengan istilah "PNS titipan".

Menteri Yuddy menjamin hal seperti ini tidak akan ada lagi, karena Menteri Yuddy sangat percaya terhadap sistem Computer Assisted Test yang telah digunakan semenjak tahun 2014 ini.  "Dulu memang ada istilah titipan pejabat, sekarang tidak ada lagi. Kalau ada yang mengatakan bisa nitip, bohong itu. Dengan menggunakan sistem CAT, seleksi CPNS akan berlangsung transparan dan objektif. Kami jamin tidak ada KKN, tidak ada bayar-bayaran‎,"‎ kata Yuddy.

Rujukan

Setiap hasil terbaik pasti diperoleh dari usaha terbaik, begitu juga dalam pelaksanaan tes cpns. Pihak Kemenpan RB sudah seringkali mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa dalam penerimaan CPNS bukan lagi jamannya jika lulus menggunakan uang melainkan dengan kemampuan. Sistem CAT yang dipercaya memberikan andil besar dalam perubahan sistem perekrutan CPNS semakin dikenalkan kepada masyarakat melalui sosialisasi langsung ataupun aplikasi yang bisa diunduh oleh seluruh lapisan masyarakat di sc.menpan.go.id. Tes yang diberikan adalah dalam bentuk tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes kompetensi kepribadian. Untuk bisa lebih memahami karakter dari keseluruhan type soal cpns silakan anda pelajari dengan merujuk ke referensi terbaik di paketlkit.com


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: